Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1213Keywords:
Kemampuan pemahaman konsep, Tingkat Kecemasan, Kecemasan matematikaAbstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI di salah satu sekolah SMA di Makassar mengalami penurunan. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kecemasan matematika siswa, kecemasan matematika setiap siswa berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan tingkat kecemasan matematika. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas XI yang terpilih dari 13 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pendukung dalam penelitian ini meliputi:1) Angket kecemasan matematika; 2) Tes kemampuan pemahaman konsep; 3) Pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh ditemukan bahwa siswa dengan kategori kecemasan tinggi tidak dapat memahami semua indikator kemampuan pemahaman konsep; siswa dengan kategori kecemasan sedang mampu memahami satu dari empat indikator kemampuan pemahaman konsep; siswa dengan kategori kecemasan rendah dapat memahami tiga dari empat indikator kemampuan pemahaman konsep,dengan kata lain siswa dengan kategori kecemasan tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep rendah, sedangkan siswa dengan kategori kecemasan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep sedang dan siswa dengan kategori kecemasan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep tinggi.
References
Arnidha, Y. (2017). Analisis pemahaman konsep matematika sekolah dasar dalam penyelesaian bangun datar. JPGMI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v3i1.22
Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (4 ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Damayanti, P. A., Subanji, S., & Sukoriyanto, S. (2020). Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 290. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13239
Fatwa, I., & Hindi, A. N. A. (2023). Description of Students’ Mathematical Problem Solving Abilities Based on Polya Theory on Systems of Linear Equations with Three Variables. Journal of Applied Sciences, Mathematics, and Its Education, 12(2), 49–56. https://doi.org/10.35877/sainsmat2368
Hindi, A. N. A., & HR, I. S. (2022). Profil Miskonsepsi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Pecahan dengan menggunakan Certainty of Response Index. Kognitif, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.4
HR, I. S., Purwanto, Sukoriyanto, & Parta, I. N. (2023). Cognitive Conflict Based on Thinking Errors in Constructing Mathematical Concept. International Journal of Educational Methodology, 9(4), 631–643. https://doi.org/10.12973/ijem.9.4.631
Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa SMP. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 92–99. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/485
Latip, A., & Yulianti, K. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 59–68. https://ejournal.upi.edu/index.php/SIGMADIDAKTIKA/article/view/53435
Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., & Setiyaningrum, E. D. (2019). Pemahaman Konsep Logaritma Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 36. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5087
Putri, D., Indiana, M., & Aan, P. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa : Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Ruslan, Ja’Faruddin, & HR, I. S. (2024). Students’ cognitive conflict process in solving plane geometry problems: Quadrilateral. AIP Conference Proceedings, 3148(1). https://doi.org/10.1063/5.0242913
Sigit, J., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawang. Variabel, 1(2), 60. https://doi.org/10.26737/var.v1i2.811
Suci, S. N., & Miatun, A. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa Smp pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7694
Wati, M. T., Imamuddin, M., & Julfitri, E. (2022). Deskripsi Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 2828–6863. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.343