Pengaruh Metode Silaba Berbantuan Macromedia Flash Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaragung
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.695Keywords:
Membaca Permulaan, Metode silaba, Macromedia flashAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode silaba berbantuan macromedia flash interaktif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri Banjaragung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitiannya Pre-Eksperimental Pretest and Posttest Design. Untuk subjek penelitian yang dipilih secara total sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjaragung dengan jumlah siswa 12 anak. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data hasil unjuk kerja pretest dan posttest. Perbedaan skor rata-rata hasil unjuk kerja pretest dan posttest yaitu prestest 68,64 < posttest 82,5. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan analisis data memakai teknik statistic parametrik dengan paired sample t-test berbantuan SPSS statistics 29 dengan hasil yaitu sig. 0,001 kurang dari 0,05 diartikan bahwa terjadi perbedaan rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa dari penilaian pretest ke posttest. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan membaca permulaan terhadap metode silaba berbantuan macromedia flash interaktif.
References
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Dewi, Y. A. (2023). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa. Peneroka, 8(1), 59–67.
Dr. Vladimir, V. F. (1967). Tarigan. 1(69), 5–24.
Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum , Impuls , Dan Tumbukan Kelas X Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271–277. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/8599
Fiani, M., & Irdamurni, I. (2022). Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia di SDN 17 Jawa Gadut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3861–3868.
Fitriana, I. N., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 476–481. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.275
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/
Hasanah, U. M. (2018). Efektivitas Permainan Tebak Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas II di SLB Islam Qothrunnada. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(5), 508–517. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/download/12265/11817
Hidayat, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar kelas 2 SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Jurnal Illmiah Pendidikan Khusus, 3(1), 400–441.
Isnatunnikmah, A. (2016). Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia Kelas 3 Di Sd. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1), 1–10. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 143. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17335
Kuanaben, Y. (2016). Hubungan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 738. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1316
Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 63.
Nuramin. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Fokus Bahasa Indonesia Tema Tubuhku Materi Membaca Permulaan Dengan Metode Silaba Pada Siswa Kelas 1 Sdn Pringgarata Timur. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144
Rahmi, S. M., Arif Budiman, M., Widyaningrum, A., & Kunci, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.731
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.