Pengaruh Metode Silaba Berbantuan Macromedia Flash Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaragung

Authors

  • Ahmad Nur Taufiq Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Agrissto Bintang Aji Pradana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Puji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.695

Keywords:

Membaca Permulaan, Metode silaba, Macromedia flash

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode silaba berbantuan macromedia flash interaktif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri Banjaragung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitiannya Pre-Eksperimental Pretest and Posttest Design. Untuk subjek penelitian yang dipilih secara total sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjaragung dengan jumlah siswa 12 anak. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data hasil unjuk kerja pretest dan posttest. Perbedaan skor rata-rata hasil unjuk kerja pretest dan posttest yaitu prestest  68,64 < posttest 82,5. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan analisis data memakai teknik statistic parametrik dengan paired sample t-test berbantuan SPSS statistics 29 dengan hasil yaitu sig. 0,001 kurang dari 0,05 diartikan bahwa terjadi perbedaan rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa dari penilaian pretest ke posttest. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan membaca permulaan terhadap metode silaba berbantuan macromedia flash interaktif.

References

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Dewi, Y. A. (2023). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa. Peneroka, 8(1), 59–67.

Dr. Vladimir, V. F. (1967). Tarigan. 1(69), 5–24.

Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum , Impuls , Dan Tumbukan Kelas X Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271–277. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/8599

Fiani, M., & Irdamurni, I. (2022). Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia di SDN 17 Jawa Gadut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3861–3868.

Fitriana, I. N., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 476–481. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.275

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/

Hasanah, U. M. (2018). Efektivitas Permainan Tebak Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas II di SLB Islam Qothrunnada. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(5), 508–517. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/download/12265/11817

Hidayat, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar kelas 2 SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Jurnal Illmiah Pendidikan Khusus, 3(1), 400–441.

Isnatunnikmah, A. (2016). Metode Silaba Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia Kelas 3 Di Sd. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1), 1–10. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 143. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17335

Kuanaben, Y. (2016). Hubungan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 738. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1316

Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 63.

Nuramin. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Fokus Bahasa Indonesia Tema Tubuhku Materi Membaca Permulaan Dengan Metode Silaba Pada Siswa Kelas 1 Sdn Pringgarata Timur. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.

Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Rahmi, S. M., Arif Budiman, M., Widyaningrum, A., & Kunci, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.731

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Taufiq, A. N., Pradana, A. B. A., & Rahmawati, P. (2024). Pengaruh Metode Silaba Berbantuan Macromedia Flash Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaragung. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 90–103. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.695