Hakikat Filsafat Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Muslim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Rivaldi Darmawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.653

Keywords:

Karakter, Kepribadian muslim, Pendidikan kontemporer

Abstract

Artikel ini mendialogkan pendidikan karakter dalam membentukan kepribadian muslim yang kemudian direlevansikan dengan proses mewujudkan nilai-nilai karakter pada ranah pendidikan islam kontemporer. Seperti diketahui bersama fakta dilapangan menunjukkan jika pendidikan hari ini masih menemui problem dalam mendidik karakter. Terbentuknya karakter yang luhur merupakan salah satu cita-cita dan tujuan dari pendidikan. Mirisnya perkembangan zaman semakin menjauhkan pendidikan dari cita-citanya menghasilkan karakter yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) melalui penelusuran data pustaka yang terdapat dalam buku kemudian dilengkapi dengan sumber pustaka lain artikel ilmiah yang berhubungan dengan pembahasan artikel ini. Artikel ini menyimpulkan peran dari hakikat filsafat dalam menjalankan pendidikan karakter dalam hal ini dilakukan dengan cara Moral acting, knowing, feeling dan loving, dan moral modelling. Pendidikan karakter tersebut kemudian direlevansikan dengan pendidikan kontemporer antara lain dalam hal Integrasi nilai-nilai islam, pendidikan moral dan etika, pendidikan integritas dan nilai kejujuran serta pendidikan toleransi. Dari kesimpulan tersebut artikel ini berimplikasi pada satuan pendidikan nasional harus memandang aspek filosofis dalam mengembangkan pendidikan karakter.

References

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):974–80. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Anwar, Mohammad Emnis. 2014. “Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 03:483–96.

Auliyairrahmah, Annisa, Sukron Djazilan, and Sri Hartatik. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran Melalui Program Kantin Kejujuran Di Sekolah Dasar.” 3(6):3565–77.

Azis, R. 2013. “Metode Pembentukan Kepribadian Muslim.” Jurnal Diskursus Islam 1(3):495–505.

Haedari, Amin. 2004. Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Modern. jakarta: Diva Press.

Harahap, Radinal Mukhtar. 2017. “Manajemen Pembentukan Kepribadian Muslim.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 6(2):637–54.

Ikhwan, Afiful. 2014. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2(2). doi: 10.21274/taalum.2014.2.2.179-194.

Islam, Konsentrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, and Syarif Hidayatullah. 2005. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN NAQUIB AL-ATTAS : Aktualisasinya Dalam Konteks Pendidikan Islam Kontemporer.” 3(March).

Khairil Anwar. 2009. Pendidikan Islam Kontemporer.

Kurniawan, Syamsul. 2018. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2):197. doi: 10.19109/tadrib.v3i2.1792.

Mukholiq, M. 2013. “Telaah Kepribadian Manusia Dan Korelasinya Dengan Pendidikan Islam.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8(2). doi: 10.21274/epis.2013.8.2.393-414.

Ni, Oleh, and Nyoman Ayu. 2017. “Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.”

Prof. Dr. H. Maragustam. 2023. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Uin Sunan Kalijaga.

Prof. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta.

Rubini, Rubini. 2019. “Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam.” Al-Manar 8(1):225–71. doi: 10.36668/jal.v8i1.104.

Sidiq, Umar. 2019. Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. 1st ed. Ponorogo: CV Nata KKarya.

Unwakoly, Semuel. 2022. “Berpikir Kritis Dalam Filsafat Ilmu: Kajian Dalam Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(2):95–102. doi: 10.23887/jfi.v5i2.42561.

Yusuf, Maulana. 2022. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 18(2):1–18. doi: 10.31000/rf.v18i2.6816.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Darmawan, R. (2024). Hakikat Filsafat Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Muslim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 18–28. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.653