Penggunaan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fortuna Martin Samaratungga Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sonti Ria Kristiani Manik Universitas Kristen Satya Wacana
  • Mille Nove Millennium Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.63

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran, open ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Open-Ended terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, penelitian memiliki tujuan lain untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran Open-Ended pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode meta analisis. Dengan penulis mencari topik yang relevan guna mengumpulkan data. Data-data tersebut diperoleh dari jurnal online yang telah dipublikasi pada jurnal nasional. Penulis menemukan 5 data jurnal yang relevan terkait penggunaan model pembelajaran Open-Ended pada siswa Sekolah Dasar. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa model pembelajaran Open-Ended mampu meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar dan berhasil memancing kreativitas siswa. Sehingga, penggunaan model pembelajaran Open-Ended mempengaruhi hasil belajar siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran tematik maupun mata pelajaran matematika.

References

Anggraini, M., & Aditia Ismaya, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tema 4 Menggunakan Model Open Ended Problems Bberbantuan Media Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. 7(3), 981–990. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1308

Cidrayanti, L. P., Suwatra, W., Sumantri, M., Pgsd, J., & Tp, J. (2016). PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI GUGUS III KABUPATEN BANGLI. In Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 4, Issue 1).

Endang Setyawati, W., & Ekawati, R. (n.d.). PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.

Indah, S., Saputri, W., Maruti, E. S., & Budiarti, M. (n.d.). ELEMENTA: JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. 2(1), 274–281. https://doi.org/10.33654/pgsd

Maulidatul Leily, N., & Mukni’ah. (2021). AKSELERASI (Vol. 2, Issue 1).

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250

Komarudin, K., Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550-562.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Samaratungga, F. M., Manik, S. R. K., & Millennium, M. N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 273–278. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.63