Pengembangan Media Permainan Monopoli “Mopin IPS” Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Gugus Selatan Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.624Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, IPS, Keaktifan, BelajarAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu cara yang menarik minat siswa sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Media pembelajaran merupakan alat atau sarana mempermudah belajar bagi siswa Tujuan untuk mengetahui efektifitas pengembangan media permainan monopoli “Mopin IPS” di kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan Research and development model Borg and Gall sampai tahap ke tujuh yaitu : 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket respon siswa, tes, lembar validasi dan dokumentasi, dengan menggunakan uji validasi, uji tes, dan uji angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik sample paired T-test dan analisis angket respon siswa. Kesimpulan media permainan monopoli “Mopin IPS” layak digunakan.
References
Indiarti, R. D. (2013). Penerapan media permainan monopoli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Khoiron, M., & Rezania, V. (2020). Studi Literatur Tentang Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Modifikasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Rekarta (Vol. 1, pp. 131-141).
Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 860-873.
Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 26-32.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.
Pratiwi, Uli Ambar. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Explicit Instruction pada Kelas IV SD Negeri Metro Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Lampung Bandar Lampung, (http://digilib.unila.ac.id, Diunduh 19 Juni 2019).
Radya, W. B., Fajrie, N., & Riswari, L. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar IPS kelas V SD 3 Padurenan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 93-100.
Sadiman, Arief S, dkk. 2012. Media pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Soepartono. 2000. Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs. Dan SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Suryobroto, Agus. 2004. Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani (DIKTAT). Yogyakarta FIK: UNY.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Subroto, A. G., Kiswardianta, R. B., & Laksana, M. D. (2016). Pemanfaatan Media Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(2), 49-54.
Suparman, Atwi M. 2012. Desain Instruksional Medern. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.
Susanto, Arief. 2012. Permainan monopoli sebagai media pembelajaran sub materi sel pada siswa kelas IX IPA. Jurnal Pendidikan, Vol. 01 No. 01, (http://ejurnal.unesa.ac.id/index.php/bioedu, Diunduh 22 Juni 2019).
Suharsaputra. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Rafika Aditama
Sukmadinata, Nana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sihotang, N. (2022, September). Penerapan permainan monopoli dalam meningkatkan minat belajar siswa SD. In SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 60-67).
Tiara, I., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Permainan Monopoli Terhadap Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 47-55.
Trinovitasari, Ajeng. 2015. Pengunaan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (http://respitory.uinjkt.ac.id, Diunduh 15 Juni 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





