Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590Keywords:
literasi matematis, faktor rendahnya literasi matematikaAbstract
Literasi masih menjadi topik yang hangat dalam dunia Pendidikan, terutama di Indonesia. Melihat pentingnya kemampuan literasi, maka siswa-siswa Indonesia harus memiliki kemampuan ini. namun pada kenyataan dilapangan literasi matematika di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Sehingga dalam artikel ini akan membahas tentang apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi matematis siswa dan solusi apa yang dapat dilakukan para peneliti dalam mengatasi rendahnya literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Dengan jumlah data yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel.
References
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Astuti, & Sari, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar Di STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 73–80.
Aulia, E. T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Developing interactive e-module based on realistic mathematics education approach and mathematical literacy ability. Jurnal Elemen, 8(1), 231–249. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4569
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Fitni, F., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan Lkpd Elektronik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7022
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088
Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Muzaki, A., & Masjudin, D. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Moshafara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Noer, S. H., Rosydin, U., Fadiawati, N., & Hasnunidah, N. (2011). Seminar nasional pendidikan mipa. Prosiding, November, 978–979.
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.
Retnaningdyah, P., Laksono, K., Mujiyem, Setyorini, N. P., Sulastri, & Hidayati, U. S. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. In Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 1). Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah KKEMENDIKBUD.
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Solehuddin, S. (2019). Keefektifan Program Literasi Alquran Di Sekolah-Sekolah Swasta Non-Agama Dalam Kerangka Penguatan Karakter (Kajian Di Jawa Barat). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, 3(2), 168–188. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3790
Susanta, A., Sumardi, H., Susanto, E., & Retnawati, H. (2023). Mathematics literacy task on number pattern using Bengkulu context for junior high school students. Journal on Mathematics Education, 14(1), 85–102. https://doi.org/10.22342/JME.V14I1.PP85-102
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMA [Mathematical literacy ability in terms of the learning style of high school students]. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240.
Triyana, I. W., & Mahmudah, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Literasi Matematis Pada Materi Statistika A . Pendahuluan Literasi matematis menjadi isu hangat di kalangan pendidikan matematika dalam beberapa tahun terakhir . Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peneliti. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 141–150.
Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.