Penerapan SEFT (Spiritual Emotional Fridom Technique) Terhadap Gangguan Kecemasan Sosial Pada Siswa Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Amy Novalia Esmiati Universitas Selamat Sri
  • Fitri Awan Arif Firmansyah Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.554

Keywords:

Spiritual Emotional Fridom Techniue, Kecemasan Sosial

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan SEFT (Spiritual Emotional Fridom Technique). Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah  wawancara, observasi, dan dokumentasi . Subjek pada penelitian ini merupakan siswa Taman Kanak-Kanak yang memiliki kecemasan social yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapak SEFT SEFT (Spiritual Emotional Fridom Technique) dapat memberikan dampak positif pada siswa, yaitu kecemasan social pada siswa mengalami penurunan, diantaranya siswa menjadi lebih berani ketika bertemu dan bermain dengan teman di sekolah maupun di rumah, berani berbicara di dalam kelas, dan berani menyapa teman dan guru di sekolah.

References

Daroji. (2015). Konseling Kelompok untuk Mengurangi Kecemasan dalam Memasuki Dunia Kerja. Varia Pendidikan, 27(2), 99-111.

Davidson, dkk. (2006). Psikologi Abnormal. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Dayakisni, T. dan Hudainah. (2009). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press.

Endang, Liswaryana. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 183-191.

Hofmann, S. G. dan Dibartolo, P. M. (2010). Social Anxiety : Clinical, Development, and Social Perspectives. London : Academisc Press.

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Komalasari, G. dkk. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Nevid, dkk. (2005). Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Ningsih, SF, dkk. (2015). Efektivitas Terapi Emotional Freedom Teqnique (EFT) Terhadap Kecemasan Pasien Kanker Payudara Stadium II dan III. JOM. 2 (2), 1501-1509.

Yunita, dkk. (2013). Penerapan Spritual Emotional Freedom Teqnique dalam Bimbingan Kelompok untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA dalam Menghadapi ujian nasional. Jurnal BK UNESA. 3(1), 291-297.

Zainuddin, Ahmad Faiz. (2008). SEFT “Spiritual Emotional Freedom Technique”. Jakarta: Arga Publishing.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Esmiati, A. N., & Firmansyah, F. A. A. (2023). Penerapan SEFT (Spiritual Emotional Fridom Technique) Terhadap Gangguan Kecemasan Sosial Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 291–297. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.554