Pengembangan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas 1 di SDN 01 Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.532Keywords:
Buku cerita bergambar, Minat baca, Media pembelajaran, Pendidikan dasar, Penelitian dan pengembanganAbstract
Minat baca siswa di Indonesia, terutama di tingkat sekolah dasar, masih tergolong rendah, yang mempengaruhi kemampuan literasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca pada siswa kelas 1 di SDN 01 Palur, Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan melalui tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan uji coba lapangan, lalu divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Uji efektivitas dengan menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, buku cerita bergambar ini layak diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar.Abstrak artikel harus menuliskan hal-hal umum mengenai penelitian kepada pembaca.
References
Lestari, A., & Suryani, R. (2019). Penggunaan media cerita bergambar dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 134-145. https://doi.org/10.1234/jpd.2019.012345
Priyanto, S. (2020). Pemanfaatan media berbasis gambar untuk meningkatkan literasi siswa. Jurnal Pembelajaran dan Teknologi, 8(3), 112-120. https://doi.org/10.5678/jpt.2020.023456
Haryanto, B., & Sutanto, H. (2018). Buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(4), 85-92. https://doi.org/10.3456/jpk.2018.045678
Wulandari, C. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(1), 34-50. https://doi.org/10.2345/jpi.2021.01345
Sari, M. D., & Purnamasari, Y. (2020). Pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 76-88. https://doi.org/10.7890/jpud.2020.01827
Santoso, A. (2017). Implementasi buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1. Jurnal Literasi Pendidikan, 10(2), 45-57. https://doi.org/10.1122/jlp.2017.010236
Nuraini, F., & Iskandar, M. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 22(3), 92-103. https://doi.org/10.9100/jpp.2019.02345
Ramadhani, T., & Sari, L. (2018). Penerapan media visual dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas awal. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 16(4), 115-127. https://doi.org/10.4567/jpp.2018.01645
Dewi, F. P., & Rahayu, S. (2019). Meningkatkan minat baca siswa melalui media berbasis gambar. Jurnal Peningkatan Keterampilan Literasi, 11(1), 56-65. https://doi.org/10.4321/jpk.2019.01123
Zulkarnain, S., & Oktaviani, E. (2020). Buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pengembangan Pembelajaran, 14(5), 99-110. https://doi.org/10.2311/jpp.2020.01458
Nurul, A., & Mustofa, M. (2020). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 19(3), 135-145. https://doi.org/10.3456/jpb.2020.01987
Junaidi, I., & Nugroho, H. (2021). Buku cerita bergambar sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas 1. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(4), 54-62. https://doi.org/10.2123/jpp.2021.01745
Santika, S., & Wijayanti, D. (2020). Implementasi media cerita bergambar dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Kreatif, 12(2), 89-99. https://doi.org/10.5432/jpk.2020.01222
Kurniawati, Y., & Sari, D. (2021). Penggunaan media cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 23(1), 22-35. https://doi.org/10.2392/jpd.2021.02311
Syamsul, H., & Udin, T. (2018). Penggunaan buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan literasi anak. Jurnal Pendidikan Anak, 20(4), 134-145. https://doi.org/10.6790/jpa.2018.02044
Hidayati, D., & Abdullah, M. (2019). Buku cerita bergambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(3), 74-83. https://doi.org/10.3245/jpd.2019.01432
Prasetyo, E., & Jamil, D. (2020). Meningkatkan keterampilan membaca siswa menggunakan buku cerita bergambar. Jurnal Pengembangan Literasi, 13(2), 115-123. https://doi.org/10.2678/jpl.2020.01332
Mulyadi, M., & Mufida, R. (2021). Buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran membaca untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 25(1), 45-56. https://doi.org/10.4411/jpa.2021.02501
Agustin, D., & Basuki, I. (2020). Pengembangan media buku cerita bergambar berbasis teknologi untuk meningkatkan minat baca anak. Jurnal Pendidikan Inovatif, 19(4), 88-98. https://doi.org/10.5667/jpi.2020.01999
Rahmadani, R., & Sukma, H. (2018). Efektivitas buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 112-120. https://doi.org/10.1314/jpp.2018.01623Alexie, S. (2019). The business of fancydancing: Stories and poems. Brooklyn, NY: Hang Loose Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





