Pengembangan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas 1 di SDN 01 Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Authors

  • Harini Suci Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.532

Keywords:

Buku cerita bergambar, Minat baca, Media pembelajaran, Pendidikan dasar, Penelitian dan pengembangan

Abstract

Minat baca siswa di Indonesia, terutama di tingkat sekolah dasar, masih tergolong rendah, yang mempengaruhi kemampuan literasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca pada siswa kelas 1 di SDN 01 Palur, Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan melalui tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan uji coba lapangan, lalu divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Uji efektivitas dengan menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, buku cerita bergambar ini layak diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar.Abstrak artikel harus menuliskan hal-hal umum mengenai penelitian kepada pembaca.

References

Lestari, A., & Suryani, R. (2019). Penggunaan media cerita bergambar dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 134-145. https://doi.org/10.1234/jpd.2019.012345

Priyanto, S. (2020). Pemanfaatan media berbasis gambar untuk meningkatkan literasi siswa. Jurnal Pembelajaran dan Teknologi, 8(3), 112-120. https://doi.org/10.5678/jpt.2020.023456

Haryanto, B., & Sutanto, H. (2018). Buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(4), 85-92. https://doi.org/10.3456/jpk.2018.045678

Wulandari, C. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(1), 34-50. https://doi.org/10.2345/jpi.2021.01345

Sari, M. D., & Purnamasari, Y. (2020). Pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 76-88. https://doi.org/10.7890/jpud.2020.01827

Santoso, A. (2017). Implementasi buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1. Jurnal Literasi Pendidikan, 10(2), 45-57. https://doi.org/10.1122/jlp.2017.010236

Nuraini, F., & Iskandar, M. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 22(3), 92-103. https://doi.org/10.9100/jpp.2019.02345

Ramadhani, T., & Sari, L. (2018). Penerapan media visual dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas awal. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 16(4), 115-127. https://doi.org/10.4567/jpp.2018.01645

Dewi, F. P., & Rahayu, S. (2019). Meningkatkan minat baca siswa melalui media berbasis gambar. Jurnal Peningkatan Keterampilan Literasi, 11(1), 56-65. https://doi.org/10.4321/jpk.2019.01123

Zulkarnain, S., & Oktaviani, E. (2020). Buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pengembangan Pembelajaran, 14(5), 99-110. https://doi.org/10.2311/jpp.2020.01458

Nurul, A., & Mustofa, M. (2020). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 19(3), 135-145. https://doi.org/10.3456/jpb.2020.01987

Junaidi, I., & Nugroho, H. (2021). Buku cerita bergambar sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas 1. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(4), 54-62. https://doi.org/10.2123/jpp.2021.01745

Santika, S., & Wijayanti, D. (2020). Implementasi media cerita bergambar dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Kreatif, 12(2), 89-99. https://doi.org/10.5432/jpk.2020.01222

Kurniawati, Y., & Sari, D. (2021). Penggunaan media cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 23(1), 22-35. https://doi.org/10.2392/jpd.2021.02311

Syamsul, H., & Udin, T. (2018). Penggunaan buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan literasi anak. Jurnal Pendidikan Anak, 20(4), 134-145. https://doi.org/10.6790/jpa.2018.02044

Hidayati, D., & Abdullah, M. (2019). Buku cerita bergambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(3), 74-83. https://doi.org/10.3245/jpd.2019.01432

Prasetyo, E., & Jamil, D. (2020). Meningkatkan keterampilan membaca siswa menggunakan buku cerita bergambar. Jurnal Pengembangan Literasi, 13(2), 115-123. https://doi.org/10.2678/jpl.2020.01332

Mulyadi, M., & Mufida, R. (2021). Buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran membaca untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 25(1), 45-56. https://doi.org/10.4411/jpa.2021.02501

Agustin, D., & Basuki, I. (2020). Pengembangan media buku cerita bergambar berbasis teknologi untuk meningkatkan minat baca anak. Jurnal Pendidikan Inovatif, 19(4), 88-98. https://doi.org/10.5667/jpi.2020.01999

Rahmadani, R., & Sukma, H. (2018). Efektivitas buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 112-120. https://doi.org/10.1314/jpp.2018.01623Alexie, S. (2019). The business of fancydancing: Stories and poems. Brooklyn, NY: Hang Loose Press.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Suci, H. (2023). Pengembangan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas 1 di SDN 01 Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 492–497. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.532