Pemahaman Pembuatan RPP yang Kreatif dan Pengaplikasiannya dalam Pembelajaran

Authors

  • Laesa Ayun Universitas Kristen Satya Wacana
  • Alfa Alfi Rahmawati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Anisa Septi Purwaningsih Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.53

Keywords:

Supervisi, Model Kurikulum 2013, Rencana Pembelajaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pengaplikasian model pembelajaran K-13. Penelitian merupakan jenis kualitatif. Populasinya penelitian yaitu semua di SDN 2 Bringin kecamatan Bringin. Sampel yang diambil adalah 6 orang guru dari sdn Bringin 2. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan seminar yang dilakukan kepala sekolah SDN Bringin 2. Hasil penelitian menunjukan dari 6 guru terdapat 2 guru atau 35% guru memahami pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan model pembelajaran K-13. Sedangkan 4 guru belum memahami pembuatan RPP yang kreatif untuk pembelajaran Hal ini dapat disimpulkan guru SDN Bringin 2 Kecamatan Bringin Belum memahami pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan model pembelajaran K-13. Dari itu semua perlu adanya penyuluhan dan koordinasi kepala sekolah kepada guru untuk dapat meningkatkan kreatifitas pembuatan RPP sehingga pembelajaran yang akan terlaksana bisa kreatif sesuai tujuan pendidikan yang akan dicapai. Dalam menganalisis data kami menggunakan analisis naratif. Dalam melakukan penelitian kami mengumpulkan deskripsi peristiwa atau kejadian yang terjadi di SD Negeri Bringin 02. Dengan melakukan wawancara untuk memperoleh data kami menyusun dengan alur yang kami pahami. Dengan berbagai tahapan mencari masalah yang terjadi dalam sekolah terutama dalam pembuatan RPP, lalu memilih Narasumber untuk kami wawancara atau kami mencari tau tentang informasi, mengumpulkan informasi, setelah itu kami menganalisis informasi yang kami dapatkan kemudian kami tulis dalam hasil penelitian.

References

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. SAGE Publication.

Joseph, W. (2017). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA CitiSchool Semarang. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 25(1), 3–6.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Implementasi Kurikulum. Permendikbud.

Keputusan Mentri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2016). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Berkala Program Pascasarjana UM Malang.

Permendikbud. (2013). Peraturan Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebedayaan.

Suharjono, 2009, Melaksanakan Sekolah Sebagai Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Penelitia Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed.

Utami, B., Yamtinah, S., & ES, W. A. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Yang Disusun Guru SD. In Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Ayun, L., Rahmawati, A. A., & Purwaningsih, A. S. (2021). Pemahaman Pembuatan RPP yang Kreatif dan Pengaplikasiannya dalam Pembelajaran. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 186–191. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.53