Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa Kelas 2 SD Negeri Pucangro 2 Gudo
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.446Keywords:
Menulis Tegak bersambung, Papan Bergaris (Paris)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui media “PARIS” papan bergaris. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru, masalah di lapangan yang ada adalah aktivitas siswa pada saat menulis tegak bersambung banyak mengalami kesulitan dalam menggunakan buku halus. Mereka kurang bisa melektakkan posisi tulisan di tempat yang seharusnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri Pucangro 2 sebanyak 13 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Tes dalam penelitian ini berisi tentang keterampilan menulis siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung siswa, yaitu minimal 75% siswa mencapai ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada siklus 1, sebanyak 7 dari 13 siswa tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70, sehingga ketuntasan klasikal sebesar 54%. Siklus 2, dari 13 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran sebanyak 12 siswa tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,76 sehingga ketuntasan klasikal sebesar 92%. Artinya, di siklus 2 keterampilan menulis siswa melalui media “PARIS” papan bergaris di SD Negeri Pucangro 2 mengalami peningkatan karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan.
References
Febriani, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas Awal SD Negeri Karangputat 02 Cilacap. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kelara. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Media Buku Tulis Halus Pada Siswa Kelas I Sdb Slamet Riyadi Sungai Ringin. Jurnal Ilmiah pro Guru, 7(1), 99–106.
Nurhayati, N. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Creative Learning Student Journal Elementari Education, 4(2).
Nurpratiwi, S. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Jurnal Geoedukasi, 4(2).
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sayekti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 91. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5730
Sudin. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Pustaka Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2016). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taufina. (2016). Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung : Angkasa.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.
Usmiwati. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas I SDN Ujung VIII Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).
Widyaningrum, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 34-4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





