Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMAN 1 Tanjung Raja
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.436Keywords:
Eksperimen, Model, Snowball Throwing, Pembelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Tanjung Raja. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4 Agustus-1 September 2022 di SMAN 1 Tanjung Raja. Metode yang diterapkan dalam penelitian yaitu metode quasi experiment yang dalam penerapanya hanya digunakan satu sampel yang menjadi kelas ekperimen. Berdasarkan tehnik simple random sampling maka didapatkan kelas X.2 sebagai kelas ekperimen. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data digunakan tes pretest dan posttest. Adapun penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas data, uji linieritas data dan uji regresi sederhana sebagai tehnik prasyarat analisis data dengan taraf signifikansi > dengan taraf = 0,05. Hasil yang diperoleh dari perhitungan data yaitu > atau = 34,63 > = 4,17. Dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan data yang dilakukan maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini memiliki suatu pengaruh terhadap hasil belajar setelah diterapkan model snowball throwing di kelas X SMAN 1 Tanjung Raja.
References
Ahmad. (2020). Pengaruh Penilaian Kelas Dan Model Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Ips. Malang: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Pekanbaru: Aswaja Pressindo.
Indrawan, R. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen Pembangunan dan Pendidikan (Revisi). Bandung: PT Refika Aditama.
Iriani, Z ,Yuliasma, & Diniati, V. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIIIC di SMP N 1 Bukittinggi. Vol. 02, No. 1.
Rachmah, H. (2013). Nilai-nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945. Vol. 1, No. 1.
Sardiman. (2011). Intraksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sufanti, M. (2010). Strategi pengajaran bahasa indonesia dan sastra indonesia. Surakarta: yuma pustaka.
Sujana, C, W, I. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Vol. 4, No. 1
Marjono, Sumardi, & Zahro, M. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Vol. 01, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





