Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Membuat Kalimat Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.421Keywords:
Kesalahan Pengunaan Bahasa Indonesia, Membuat KalimatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam membuat kalimat; (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam membuat kalimat siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan penggunaan berbahasa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan analisis isi dengan sampel hasil membuat kalimat serta observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam membuat kalimat siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong kesalahan penyusunan kalimat. Kedua, faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam membuat kalimat siswa disebabkan oleh empat faktor, antara lain: penguasaan kaidah kebahasaan siswa kurang; ketidaktelitian dalam menulis; kurangnya motivasi menulis; dan kurangnya kosakata siswa. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam membuat kalimat siswa, antara lain: melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan proses, meningkatkan penguasaan kaidah bahasa siswa dengan membaca, dan memperbanyak latihan menulis.
References
Anjarsari, N. (2012). “Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Asing di Universitas Sebelas Maret”. Skripsi tidak dipublikasikan, Program Studi Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ariningsih, N.E. (2012). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas”. BASASTRA, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Volume 1 Nomor 1, Desember 2012, 130-141.
Cahyaningrum, W.T. (2010). “Analisis Kesalahan pada Karya Tulis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Andong Kabupaten Boyolali”. Skripsi tidak dipublikasikan, Program Studi Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Hikmayana, D. (1997). “Meningkatkan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Ular Tangga”. Jurnal NOSI, Volume 1 Nomor 1, Maret 2013, 2.
Jalal, M. (2012). “Problematika Kesalahan Bahasa Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Universitas Airlangga”. Mozaik: Jurnal Ilmu Humaniora, Volume 12 Nomor 2, Juli-Desember 2012, 92-209.
Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa : Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumarwati. (2010). Penerapan Pendekatan Proses 5 Fase untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Wacana Akademika, 7 (3), 623-638.
Sumarwati. (2015). Menulis Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Tarigan, D. & Tarigan, H.G. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Kd Anang Andika (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa Dalam Komunikasi Verbal. JP2, Vol 2 No 3, Tahun 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.