Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi Pada Matakuliah Kimia
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.413Keywords:
Kesulitan belajar, mahasiswa, matakuliah kimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar kimiamahasiswa di program studti biologi FMIPA UNW Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilakukan pada semester awal/ganjil pada tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persentase skor rata-rata sebesar 70 yang termasuk ke dalam kriteria sedang. Sedangkan rata-rata untuk tiap aspek yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar siswa pada matakuliah kimia diantaranya aspek minat mahasiswa diperoleh sebesar 74% (kriteria sedang), aspek motivasi mahasiswa sebesar 73% (kriteria sedang), aspek Guru sebesar 78% (kriteria sedang), aspek model/pendekatan pembelajar sebesar 76.5% (kriteria tinggi), aspek materi kimia sebesar 74,5% (kriteria sedang), aspek kemampuan siswa sebesar 68% (kriteria sedang), aspek sumber belajar sebesar 56,75% dan aspek keadaan sebesar 62% (kriteria sedang).
References
Adlim, M., Wilyta, I., & Hasan, M. (2017). Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep Yang Diuji Dalam Ujian Nasional (Kajian Pada Materi Ilmu Kimia Pada Siswa SMA/MA Sekitar Kampus Unsyiah. Jurnal Pencerahan, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.13170/jp.11.1.8103.
Arifin, M. (2004). Strategi Belajar Mengajar Kimia. UPI.
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
Bennett, M. E. (1952). Problems of Self-Discovery and Self- Direction. Mc-Graw Hill.
Chang, R. (2005). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2 (dua). Erlangga.
Darminto. (2006a). Pembelajaran Kimia yang Berkualitas. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia “Chemica".
Darminto. (2006b). Pembelajaran Kimia yang Berkualitas. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia “Chemica.”
Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Faika, S., & Side, S. (2013). Analisis kesulitan mahasiswa dalam perkuliahan dan praktikum kimia dasar di jurusan kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12(2), 18–26.
Hidayati, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Children Learning in Science (CLIS) Di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palembang. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 12–25. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2. 2637.
Ibrahim dan Syaodih, N. (1996). Perencanaan Pengajara. Rineka Cipta.
Kay, C. C., Yiin, H. K., Chu, C. K., & Hong, K. Y. (2010). Misconceptions In the Teaching of Chemistry In Secondary Schools In Singapore & Malaysia. In Proceeding of The Sunway Academic Conference, 1–10.
Marfali, D. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis Predict-Observe-Explain untuk pemodelan reaksi SN2 pada Alkil Halida menggunakan NwChem.
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944
Muhammad Jasri Djangi, Sugiarti, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Maros pada Materi Pokok Larutan Penyangga. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19.
Muhibbin Syah. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Revisi). Remaja Rosda Karya.
Salirawati. (2002). Strategi Siwa dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Makalah disampaikan pada kegiatan orientasi siswa baru SLTP N 15 Yogyakarta.
Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sari, M. P., Andromeda, A., & Hardinata, A. (2020). Studi Kesulitan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA dalam Mempelajari Sifat Periodik Unsur. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ jep/vol4-iss1/379
Sudiana, I. K., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada MateriKelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7–16. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943
Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Sudrajat, J. (2020). KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Supadmi, N. L., Wiratma, I. G. L., & Merta, L. M. (2017). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12811
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-ruzz Media.
Suralaga, F. (2021). Psikologi pendidikan, IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN. In News.Ge.
Suryabrata, S. (1998). Psikologi Kepribadian. PT. Raja Grafindo Persada.
Suryapermana, N. (2017). MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Uliyandari, M., Emilia Candrawati, Anna Ayu Herawati, & N. L. (2021). Problem-Based Learning to Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/https://doi.org/10.46245/ ijorer.v2i1.56
Yulianto, A. R. (2015). Kesulitan Belajar Peserta Didik Tinggal Kelas di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.