Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa IV di SDN Gentong 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i1.4Keywords:
Pola Asuh, KemandirianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa kelas IV di SDN Gentong 1 Tahun pelajaran 2018/2019. (2) Sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siawa kelas IV di SDN Gentong 1 Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gentong I dengan jumlah siswa 28 anak. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji homogenitas menggunakan rumus varians (Uji F) dan dilakukan uji normalitas dengan uji Lillifors. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikan 5% (0,05) untuk pengujian. Pengujian hipotesis menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Berdasarkan uji regresi linier sederhana yang dilakukan, diperoleh r hitung sebesar 0,481 nilai ini lebih besar dari r tabel yaitu 0,374 (r hitung > r tabel) maka Ha diterima, Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh positif antara pola asuh terhadap kemandirian siswa. (2) Dari hasil perhitungan dengan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhan diperoleh nilai R sebesar 0,481 yang menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa.
References
Rifai. H. Moh. (2013). Metode Interaksi Parenting : Upaya Mengoktimalkan Pendidikan Siswa Sejak Dini. Vol. 3, No.2 Desember 2013.
Salwan, Muin. (2015) “Peranan pola asuh permisif, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap perilku Membolos Siswa”. Vol. 4, No.2 2015.
Sugiono. 2012. Metode penelitian pendidikan,:pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2009. Dasar-dasar pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





