Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.294Keywords:
Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar melalui penerapan model pembelajaran explisit instruction. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan test akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar) serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,82 dan siklus II meningkat menjadi 77,85.
References
Arikunto Dkk. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto.2003. Dasar-DasarEvaluasi Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.
Djamarah. & Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Junior M. Romi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instructionuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD GMIM II TarataraKota Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 7 No. 5.
Hamalik Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Haling.2007. Proses Belajar Mengajar. Bumi Karsa: Jakarta.
Kardi, S. 2004. Pengertian Model Expcilcit Instruction. Dalam Uno dan Nurdin,. 2012.
Kardi, S. & Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Dalam Trianto,. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.
Meliani S. Suratih, Hasibuan, Asnita., Janson S. Patri. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 5, Nomor 4.
Muhfida., 2005, http://muhfida.com/model-pengajaran-langsung/ (diakses 10 Februari 2012).
Novita S. Desi., Romaida P, Chelsea., Keristiana S, Enny Suhairian. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik. Jurnal Pembangunan Pendidikan, Vol. 7 No. 2.
Nurkancana dan Sumartono. 1985. Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional Surabaya.
Nurkancana dan Sumartono. 1985. Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional :Surabaya
Saeful A, Agus., Lapenia, Peti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V di SD Negeri I Sembawa. Jurnal Lensa Pendas, Volume 4 No. 1
Slameto. 2003. Pendidikan kejuruan. Lembaran perkuliahan. Pascasarjana IKIP. Yogyakarta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.