Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Authors

  • Elisabeth Edis Universitas Patompo Makassar
  • Eka Apriyanti Universitas Patompo Makassar
  • Ninah Wahyuni Amaliah Universitas Patompo Makassar

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.294

Keywords:

Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar melalui penerapan model pembelajaran explisit instruction. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi  dan test akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar) serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,82 dan siklus II meningkat menjadi 77,85.

References

Arikunto Dkk. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto.2003. Dasar-DasarEvaluasi Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.

Djamarah. & Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Junior M. Romi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instructionuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD GMIM II TarataraKota Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 7 No. 5.

Hamalik Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Haling.2007. Proses Belajar Mengajar. Bumi Karsa: Jakarta.

Kardi, S. 2004. Pengertian Model Expcilcit Instruction. Dalam Uno dan Nurdin,. 2012.

Kardi, S. & Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Dalam Trianto,. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

Meliani S. Suratih, Hasibuan, Asnita., Janson S. Patri. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 5, Nomor 4.

Muhfida., 2005, http://muhfida.com/model-pengajaran-langsung/ (diakses 10 Februari 2012).

Novita S. Desi., Romaida P, Chelsea., Keristiana S, Enny Suhairian. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik. Jurnal Pembangunan Pendidikan, Vol. 7 No. 2.

Nurkancana dan Sumartono. 1985. Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional Surabaya.

Nurkancana dan Sumartono. 1985. Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional :Surabaya

Saeful A, Agus., Lapenia, Peti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V di SD Negeri I Sembawa. Jurnal Lensa Pendas, Volume 4 No. 1

Slameto. 2003. Pendidikan kejuruan. Lembaran perkuliahan. Pascasarjana IKIP. Yogyakarta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Edis, E., Apriyanti, E., & Amaliah, N. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 472–479. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.294