Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Di SMP Praipuluhamu

Authors

  • Roslin Paji Jera Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elsi Senides H. Taunu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Darius Imanuel Wadu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.251

Keywords:

Analisis, Buku teks, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk,menganalisis buku teks matematika siswa kelas VIII SMP pelajaran matematika semester 1 edisi revisi 2017 disajikan dengan pendekatan saintifik serta deskripsi kendala yang dialami oleh guru dan siswa. Jenis riset ini adalahpenlitiann deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Deskripsi penelitian dilakukan dengan cara memberikan gambaran isi buku serta kendala guru dan siswa terkait penggunaan buku matematika siswa kelas VIII SMP berdasarkan pendekatan saintifik. Subjek penelitian 12 orang siswa kelas VIII dengan kemampuan pengetahuan yang berbeda berdasarkan saran guru matematika, 1 orang guru matematika, dan Wakasek kurikulum sekolah dengan cara pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, lembar observasi analisis buku, wawancara dan studi dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa indikator mengamati, menanya, menalar, masuk pada kategori sangat sesuai. Sedangkan indikator mencoba/menggali informasi dan mengkomunikasikan termasuk pada kategori sesuai.

References

Fajriatin, A. (2016). Analisis Buku Kelas IX Kurikulum 2013 Berdasarkan Kesesuaiannya Dengan Materi Matematika Menurut Kriteria Bell Dan Pendekatan Saintifik. Jember: Repository Universitas Jember.

Kemendikbud. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Prmbelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal Of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, Vol 12, 150-151.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karaakter Dalam Buku Pelajaran (Analisis konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogkarta: Penerbit Deepublish.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Pahrudin, Agus dan Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. In Pustaka Ali Imron (Vol. 1, Issue 69).

Siscasari R, Y., Sumardi, H., & Irsal, N. A. (2021). Analisis Isi Buku Teks Matematika Terbitan Erlangga Kelas VIII Semester I Berdasarkan Pendekatan Saintifik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.56

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.

Zuhriawan, M. (2016). Analisis Karakteristik Indikator 5M (Mengamati, Menanya, Menggali Informasi, Menalar dan Menyajikan) pada buku Matematika kelas VII K13. Jember: Repository Universitas JemberUse the "Insert Citation" button to add citations to this document.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Jera, R. P., Taunu, E. S. H., & Wadu, D. I. (2022). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Di SMP Praipuluhamu. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 403–412. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.251