Yuk Belajar PKn Menjadi Sebuah "Alat" Bagi Guru PKn Dalam Mengembangkan Cara Mengajar dan Belajar Peserta Didik Di Era Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.249Keywords:
PKn, Yuk belajar PKn, Pembelajaran saat pandemiAbstract
Tujuan program kegiatan Yuk Belajar PKn ini yaitu untuk mengembangkan cara mengajar dan belajar peserta didik di era pandemi dan sebagai "alat" bantu bagi guru PKn dalam mencapai pembelajaran terbaik dan efektif bagi pembelajaran dalam jaringan (online) dan luar jaringan (offline) bagi pesera didik kelas XII SMAN 1 Tamansari Bogor. Program kegiatan ini dilakukan dengan terintegrasi antara Youtube dan Google Classroom sebagai wadah untuk mudah mengaksesnya. Fitur yang diberikan Yuk Belajar PKn (yang sudah terintegrasi dengan Google Classroom) bagi siswa: Video Pembelajaran, Materi PKn dalam Powerpoint, Rangkuman dan berbagai quiz evaluasi yang bisa diakses kapanpun di manapun. Cara belajar menggunakan Yuk Belajar PKn yang sudah terintegrasi: Minggu pertama (Siswa diberikan materi berupa Video, Ppt dan rangkuman. Minggu kedua adalah melanjutkan sub pematerian sampai sub pematerian anggap selesai. Minggu ketiga adalah Ulangan harian, karena sudah mendapatkan materi yang mudah diakses. Minggu keempat adalah pengulangan, sehingga siswa lebih nyaman dalam mengakses materi pembelajaran.
References
Abdulkarim, A. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Warga Negara Yang Demokratis. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 4(2), 111. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118
Dewi, N. P. C. P. (2020). Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN Dan Pancasila (1st ed.; I. M. Sedana, ed.). Bali: Nilacakra.
Farisi, M. I. (2011). Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Berkarakter dan berbasis Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1)(ISSN 0854-7149), 23–33. Retrieved from http://jm.tp.ac.id/view/1331224689/mohammad-imam-farisi/kompetensi-guru-dalam-mewujudkan-pendidikan-berkarakter-dan-berbudaya
Hendrizal. (2017). PKn SD, Masalah Dan Solusinya. Retrieved from
https://bunghatta.ac.id/artikel-325-pkn-sd-masalah-dan-solusinya.html
Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Malora, S. (2013). Artikel Wawancara. Retrieved from
https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/s_malora/artikelwawancara_ 552a26256ea8343b1d552d28
Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 1–14. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1283
Midun, H., & Ulfa, S. (2017). Inovasi Metode Dan Penilaian Pembelajaran Pada Pendidikan Karakter Di Era Digital. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017.
Mubarokah, A. (2012). Hakikat Dan Fungsi Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan.
Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013a). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang.
Rahayu, M. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa. Depok: PT Grasindo.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015a). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Analyze Implement Evaluate Design Develop. Seminar Nasional Riset Inovatif.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015b). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Seminar Nasional Riset Inovatif IV.
Zuriah, N., & Kautsar, N. M. (n.d.-a). Development of PPKn Learning Media Based on Android.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.