Eksplorasi Mamözi Aramba Terhadap Konsep Geometri
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.235Keywords:
Etnomatematika, Mamözi Aramba, GeometriAbstract
Matematika sebagai produk dari budaya, mengakibatkan matematika tidak dapat dipisahkan dengan budaya. Pembelajaran matematika berbasis budaya lebih dikenal dengan istilah etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis budaya akan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika, Karena pembelajaran ini erat kaitannya dengan budaya, maka siswa akan dapat memahami setiap topik yang dibahas dengan lebih mudah, dan dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna..Hubungan matematika dengan budaya dalam budaya alat musik tradisional dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika disekolah. Mamözi Aramba merupakan ansambel musik tradisional yang digunakan pada kegiatan pesta dengan memainkan seperangkat alat musik aramba, baik pesta berupa owasa atau fangowalu (pesta pernikahan) yang ada di masyarakat suku Nias. Göndra, faritia, dan aramba adalah alat musik tradisional yang digunakan di Mamözi Aramba. Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat pada Mamözi Aramba, untuk dapat dijadikan sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran matematika disekolah terkhusus untuk daerah pulau Nias. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya konsep matematika pada Mamözi Aramba yaitu konsep geometri berupa tabung (Göndra), Lingkaran ( Faritia dan Aramba).
References
Abi, A.M. (2016). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1-6
Astri Wahyuni, dkk. (2013). PeranEtnomatematika dalam MembangunKarakter Bangsa.Prosiding dalamSeminar Nasional Matematika danPendidikan Matematika FMIPAUNY: Yogyakarta
Bishop, J.A. (1994). Cultural Conflicts in the Mathematics Education of Indigenous People. Clyton, Viktoria: Monash University.
D'Ambrosio, U. (1999). Literacy, Matheracy, and Technoracy: A Trivium for Today. Mathematical Thinking and Learning 1(2), 131-153.
Darmayasa,J.B. (2016). Eksplorasi Ethnomathematics dalam Ajaran Asta Kosala-Kosali untuk Memperkaya Khasanah Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 1-7
Endraswara. (2006). Metode, Teori, Teknik, Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistemologi dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Widyatama.
Francois, K, & Kerkhove, Bart Van. (2010). Ethnomathematics and the Philosophy of Mathematics (Education). College Publication, London. Texts in Philosophy 11; pp. 121-154.
Gerdes, P. (1996).“Ethnomathematics and Mathematics Education”, dalam International Handbook of Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer AcademicPublishers.
Hardiarti, Sylviyani. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma. Vol.5, No. 2
Laia, Faozisokhi (2019) Alat musik tradisional Nias. Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Banda Aceh
Manik, Efron, (2020). Ethnomathematics dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen. 41 – 50.
Patri, S., Heswari, S. (2022). Etnomatematika Dalam Seni Anyaman Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian. II(8), 1 – 10.
Rahayu, Kadek & Putra, Nila. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Sardjiyo & Pannen, P. (2005). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal pendidikan, 6(2), 83-98
Simanjuntak, Ruth Mayasari., Sihombing, Dame Ifa. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Batak. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen. 25 – 32
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.