Studi Naratif Penerapan Model Kooperatif Jigsaw melalui Media Puzzle untuk Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1866Keywords:
Puzzle, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, perkembangan kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media puzzle sebagai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Perkembangan kognitif merupakan aspek penting dalam proses belajar anak, yang meliputi kemampuan berpikir, memahami lingkungan, mengingat, serta memecahkan masalah sederhana. Melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media puzzle, anak didorong untuk belajar secara aktif, bekerja sama, dan berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif, yang dilaksanakan di PAUD Ar-Rahman, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan model Jigsaw dengan langkah-langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan anak, seperti pemilihan puzzle yang sesuai tema, pengenalan konsep bentuk, kegiatan diskusi kelompok, dan pemberian umpan balik positif. Penerapan teknik tersebut terbukti dapat menstimulasi kemampuan berpikir anak dalam mengenali bentuk, pola, dan hubungan antarbagian, sehingga meningkatkan perkembangan kognitif secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media puzzle sebagai alternatif pembelajaran yang kreatif dan interaktif untuk mendukung pertumbuhan kognitif anak usia dini.
References
Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), Juni, 1–10.
Frostig, M., & Maslow, P. (1973). Learning problems in the classroom: Prevention and remediation. Chicago, IL: Follett Educational Corporation.
Hurlock, E. B. (1991). Child development (6th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini melalui alat permainan edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 76–146.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory Into Practice, 38(2), 67–73. https://doi.org/10.1080/00405849909543834
Lestari, G. D., Widodo, Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2023). Implementasi komunikasi positif dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4791–4802.
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 2(2), 45–55.
Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2019). Efektivitas penerapan metode bermain dengan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 226–239. http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217
Nurapriani, R. (2025). Puzzle modifikasi: Solusi edukatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini. INOBEL: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–10.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. New York, NY: International Universities Press.
Putri, A. E., & Ririn. (2025). Penerapan permainan jigsaw puzzle untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak pra sekolah di TK Nur Ilaahi Padang. Jurnal Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 110–120.
Rahmatina, A. (2025). Peningkatan keterampilan memecahkan masalah anak usia 5–6 tahun melalui metode bermain puzzle di RA Baiti Jannati. Jurnal Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.
Rosyadi, A. A. P. (2021). Analisis berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9988
Rukhani, S. (2021). Peran guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII. Al-Athfal, 1(1), 21–30.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Boston, MA: Allyn & Bacon.
Wijaya, L. (2023). Peran guru profesional untuk meningkatkan standar kompetensi pendidikan. JMI: Jurnal Multidisiplin, 2(6), 1–10. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





