Hubungan Antara Minat Baca Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa SD Negeri 043 Muara Batang Angkola

Authors

  • Khairani Hasibuan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Erna Ikawati UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1864

Keywords:

Literasi, Minat baca, Menulis, Teks narasi, Siswa SD negeri 043 muara batang angkola

Abstract

Keterampilan menulis teks narasi adalah aspek penting untuk pengembangan kemampuan berbahasa yang tidak dapat terlepas dari kebiasaan membaca. Literasi merupakan suatu proses yang melibatkan kemampuan untuk dapat menerima serta mengungkapkan berbagai informasi bermakna melalui teks, baik lisan maupun tulisan. Salah satu jenis keterampilan menulis yang diajarkan sejak dini adalah menulis teks narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan keterampilan menulis teks narasi siswa SD Negeri 043 Muara Batang Angkola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V (lima) dengan jumlah 13 orang, bersamaan dijadikan sebagai sampel menggunakan teknik total sampling, karena jumlah populasi yang kecil. Data dikumpulkan melalui angket minat baca dan melakukan tes menulis teks narasi. Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan keterampilan menulis teks narasi, dengan nilai korelasi sebesar r = 0,721 dan p < 0,05, dengan temuan yang menunjukkan bahwa semakin tinggi minat baca siswa, maka semakin baik juga kemampuan siswa dalam menulis teks narasi. Sehingga, diperlukan upaya untuk peningkatan minat baca siswa dalam pembelajaran sebagai bagian penting untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa secara menyeluruh.

References

Fatimah, N., & Hidayat, T. (2020). Minat Baca dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 133–141.

Juaeriah, S. (2022). The Effect of Reading Interest and Vocabulary Mastery on Students Ability to Comprehend Narrative Text. UMC Cirebon. Diakses dari https://ejournal.umc.ac.id

Khairul, R., & Efendi, Z. (2024). DOES READING HABIT CORRELATE TO STUDENTS’ WRITING ABILITY?. Journal of English Language Teaching in Indonesia, 395-402.

Maida., Dwinitia, S., & Sartika, R. (2022). Hubungan Minat Baca Sastra Sastra Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Rakyat Siswa Kelas X Sma N 2 Gunung Talang. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 02(01), 157 – 163.

Daniati, N., Yarmi, G., & Ardiasih, L.S. (2021). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA SD NEGERI KELAS V DI WILAYAH 3 KELURAHAN PEGADUNGAN JAKARTA BARAT. Jurnal Education and developmen, 9(4), 537-543.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Selawati, A. V., Nenden, M. A., Nursiti, R., Utomo, U., & Teofilus, A. H. (2024). The Relationship Between Reading Interest Of BPK PENABUR Sukabumi Elementary School Students And Narrative Writing Skills, Dordrecht: Atlantis Press SARL.

Ulu, H. (2019). Investigation of Fourth Grade Primary School Students’ Creative Writing and Story Elements in Narrative Text Writing Skills. International Journal of Progressive Education, 15(5), 273–87. doi: 10.29329/ijpe.2019.212.18.

Valentri, A., Maulina, R., & Elsa, A. (2024). Development of Teaching Materials for Writing Narrative Texts Based on Local Wisdom for Primary School Students. International Research-Based Education Journal, 6(2):1–8. doi: 10.4108/eai.19-7-2019.2289543.

Wahyuni, S. (2022). Hubungan Antara Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. EduHumaniora, 14(1), 21–30.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Hasibuan, K., & Ikawati, E. (2025). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa SD Negeri 043 Muara Batang Angkola. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 892–897. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1864