Tinjauan Teoritis Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Pembelajaran Literasi Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah di Indonesia

Authors

  • Wiwin Wiwin IAI AL-AZIS Indramayu
  • Nancy Mursalati 'Aini IAI AL-AZIS Indramayu
  • Rohana Rohana IAI AL-AZIS Indramayu
  • Samsia Manalu IAI AL-AZIS Indramayu
  • Wati Wati IAI AL-AZIS Indramayu
  • Khoirun Nisa IAI AL-AZIS Indramayu
  • Iis Susiawati IAI AL-AZIS Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1805

Keywords:

Intrinsik, Ekstrinsik, Literasi Bahasa Arab, Metode dan Media Pembelajaran, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Pembelajaran literasi bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi siswa, khususnya dalam membaca dan memahami teks Arab yang menjadi basis ilmu keislaman. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan yang dipengaruhi berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik yang memengaruhi pembelajaran literasi bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah berdasarkan kajian literatur. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data dikumpulkan dari empat puluh artikel jurnal yang relevan, meliputi hasil penelitian tentang kesulitan membaca teks Arab, strategi guru, serta permasalahan umum pembelajaran bahasa Arab di MTs. Hasil sintesis menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang dominan meliputi rendahnya motivasi, keterbatasan kosakata, kemampuan linguistik yang lemah, serta rendahnya minat baca. Sementara itu, faktor ekstrinsik meliputi metode pembelajaran yang monoton, minimnya media pembelajaran interaktif, keterbatasan fasilitas, serta kurangnya dukungan lingkungan belajar. Kajian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih variatif, integrasi teknologi, serta penguatan budaya literasi di lingkungan MTs.

References

Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pembelajaran dalam Membaca Teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214. https://doi.org/10.59841/al-mustaqbal.v2i1.76

Annisa, A., Hasibuan, E., Dalimunthe, L. A. Z., & Nasution, S. (2025). Dampak Latar Belakang Pendidikan Pesantren Dan Non-Pesantren Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Siswa Di MAS Muhammadiyah 01 Medan. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 4(1). https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v4i1.12947

Ary, F., & Muaini. (2025). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VI SD Negeri Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal, 6(2), 1008–1013. https://doi.org/10.29303/Goescienceed.v6i2.729

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi belajar: Kunci pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1–15. https://www.irbijournal.com/index.php/uherj/article/view/90

Fitri, A., Mukmin, M., & Zainuri, H. (2025). Implementasi Program Qur’an Bil Qalam dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Arab Siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 5(3), 220–230. https://doi.org/10.53621/jider.v5i3.519

Hakiki, M. W. M., Royani, A., & Mahyudin, E. (2025). Perancangan Buku Latihan Membaca dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(5), 10535–10548. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/3626

Hamka, D. L., R, M., R., M., & Mariah, E. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kota Makassar. Pinisi Journal of Education, 1(2), 196–205. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4295

Khairani, B., Harahap, D. A., & Aswani, R. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Hifzhil Qur’an Medan. Jurnal Sathar, 1(2), 46–55. https://doi.org/10.59548/js.v1i2

Masruroh, A., & Himmah, R. H. (2025). Faktor-Faktor Motivasi dalam Discovery Learning Studi Kualitatif Pada Pembelajar Bahasa Arab. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 154–170. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4087

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, 2nd ed. Sage Publications.

Muflihah, M. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui inovasi pembelajaran SKI berbasis smart TV di MTs Irsyadun Nasyi’in. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi, 4(4), 1539–1554. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.802

Mustofa, Z. (2021). Proses pembelajaran berbahasa arab pada program BLC (Bilingual School) kelas VII MTsN Kota Madiun. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(1), 46–61. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i1.67

Nurbaya, S., Said, N., & Mansyur, L. M. (2023). Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang Tahun Ajaran 2022/2023. ANNABA’| Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran Dan Pengajaran, 2(1), 59–69. http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/ANNABA/article/view/97

Nurfadhilah, S., & Abidah, S. (2022). Suggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Kasus dalam Keterampilan Membaca Siswa VII MTs N 4 Jember. Al-Irfan, 5(1), 118–146. https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i1.5169

Nurjannah, T., & Pamessangi, A. A. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Al-Khaeriyah Murante Kec. Suli Kab. Luwu. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.58230/ijier.v2i1.219

Ramadona, Z. (2024). Peran Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Kelas IV MIN 1 Pesisir Barat. UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36001

Rizka, F., & Ammar, F. M. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Berbahasa Arab Kelas VIII. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3660–3666. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4295

Rojana, E. (2024). Analisis Kesulitan Pembelajaran Bahasa Arab pada Peserta Didik. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(4b), 2687–2693. https://doi.org/10.32672/mister.v1i4b.2441

Saimun, S. (2022). Penerapan Metode Make a Match Berbasis Pancingan Kata Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas Xii IPA di SMA Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.628

Sangidah, S., Sholihah, R. A., & Muqorrobin, S. (2022). Kemampuan Keterampilan Membaca Arab antara Siswa Putra dan Putri di Madrasah Tsanawiyah: Arabic Reading Skills between Male and Female Students at Madrasah Tsanawiyah. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 3(1), 68–79. https://doi.org/10.37680/aforisme.v3i1.1197

Shaddiq, M. S. (2025). Permasalahan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VIII Mts Alhasyimiyah Gerung Lombok Barat. Indonesian Society and Religion Research, 2(1). https://ccg-edu.org/index.php/isah/article/view/227

Sugiara, L. R., Shelawah, A., Salikurrahman, L. M., & Amrullah, A. (2025). Peningkatan Kemampuan Menulis Media pada Bahasa Arab Level A2 CEFR dengan Menggunakan Media Wordwall: Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah NW Sikur. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 5(1), 98–105. https://doi.org/10.30984/almashadir.v5i1.1355

Tarigan, N., & Zulkarnein, Z. (2023). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Nahwu dan Shorof pada Siswa Kelas IX di MTs Al Washliyah Pancur Batu. Tsaqila| Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.30596/tjpt.v3i2.390

Umam, R. A., & Wijaya, M. (2025). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Mambaul Ulum. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1), 52–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.10731

Zakaria, N. S., & Norul’Azmi, N. A. (2022). Faktor Motivasi Pembelajaran Sepanjang Hayat terhadap Peningkatan Kompetensi Pengajaran Bahasa Arab Era Endemik. Jurnal Pengajian Islam, 15(2), 49–62. https://jpi.uis.edu.my/index.php/jpi/article/view/212

Zakiah, N. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Kotabumi Lampung Utara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(1), 52–66. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/105

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Wiwin, W., ’Aini, N. M., Rohana, R., Manalu, S., Wati, W., Nisa, K., & Susiawati, I. (2025). Tinjauan Teoritis Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Pembelajaran Literasi Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah di Indonesia. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 802–809. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1805