Pengembangan Puzzle Gambar Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungai Raya
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1762Keywords:
Puzzle Gambar, Kevalidan, Keefektifan, KepraktisanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas media puzzle gambar dalam pembelajaran menulis cerita fantasi bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data diperoleh dari validasi ahli, capaian pembelajaran, angket kebutuhan siswa, respon guru, hasil belajar siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle gambar memenuhi tiga kriteria utama: kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kevalidan media berada dalam kategori sangat valid dengan skor 96,36% untuk tampilan dan desain, serta 86,67% untuk keterkaitan dengan materi ajar dan kurikulum. Media ini juga sangat efektif dengan nilai 90,31% dan sangat praktis dengan skor 91,67%. Dari segi pemahaman kognitif, penggunaan media ini menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,49 yang masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, media puzzle gambar layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran menulis cerita fantasi.
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (4. Hoid (ed); 5th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, I(2), 120- 130. Di unduh di https://www.jurnallp2m.umnaw.ac.id/index. php/ Edu Global /article /view /1 185.
Ansoriyah, Siti & Purwahida, Rabmah. (2018). Menulis Populer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Azis, H. (2019). Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Bahan Ajar Cetak Meliputi Hand Out, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks). Makalah Pengembangan Bahan Ajar Fisika [tidak dipublikasikan], Universitas Negeri Padang. Diunduh di https://osf.io/preprints/inarxiv/fcx9e
Cahyaningrum, F. D., & Setyaningsih, N. H. (2019). Pengembangan modul menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai konservasi bagi peserta didik smp. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 56-63. https ://doi .org / 10.1 5294jpbsi.v8il.28780.
Dewayani, Sofie. Dkk.. 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Hanafi.2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150. di http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ saintifikaislamica/article/view/1204
Handayani, A. D., Fahmi, F. N., & Rochman, M. K. (2019). Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1-17. https ://doi .org /10.52166/mida.v2i1.1333
Hasan, Muhammad dkk. (2021I). Media Pembelajaran. Klaten: CV. Tahta Media Grup.
Helaluddin & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Banten: Media Madani.
Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish
Nafisah, Z., & Rukmi, A. S. (2023). Pengembangan Media Puzzle Dongeng Untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Dongeng Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1160 -1171. Di unduh di https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd /article /view / 53 474.
Nuryana, D., Muslim, F., & Permana, I. (2018). Penerapan Metode Permainan Puzzle Dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Cerita Fantasi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 767-774. https://doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.1124
Pagarra, Hamzah, dkk. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM: Makasar.
Rahman, S. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, konomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Saefuddin, Asis & Berdiati, Ika. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanulita, H. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 7(2), 196-204.
Setiadi, Y., & Priyadi, A. T. Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan Dengan Metode Cooperative Script. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(11).
Sobirin, A., Utomo, S., & Setiadi, G. (2022). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https:/ /doi.org /10. 24176/jpp.v5i2.8790.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 3(02), 1197-1205. https://media.neliti.com / media/publications/253970-none-9fae69fb.doc
Trismanto, (2017). Keterampilan Menulis dan Permasalahannya. Bangun Rekaprima, 3(1), 62-67. Diunduh di https://jurnal . polines.ac.id/index.php/bangunrekapri ma/article/ download/764 /648
Try, N., Abidin, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 280-289. https://doi.org / 10.36989/didaktik.v8i1.274.
Wati, E. I., Ilyas, M., & Sulistyowati, E. D. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(4), 291-304. https://ocs.unmul.ac.id/index.php/ JBSSB/article/download/770/725
Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





