Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di SMPI Sinar Cendekia Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1754Keywords:
Kesulitan belajar, Fisika, Siswa SMP, Pembelajaran kontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji kesulitan belajar Fisika pada siswa kelas VIII di SMPI Sinar Cendekia Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed methods). Data kuantitatif diperoleh dari nilai Penilaian Akhir Semester (PAS), sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara dua guru IPA dan lima siswa. Hasil menunjukkan bahwa meskipun guru sudah menggunakan media digital dan metode bervariasi, siswa masih mengalami kesulitan, terutama pada materi abstrak seperti gaya, gerak, energi, suhu, dan kalor. Guru telah memberi bimbingan dan remedial, namun kendala tetap muncul, seperti rendahnya motivasi, kemampuan berpikir logis, dan kurangnya pengalaman praktik. Nilai PAS sebagian besar berada di rentang 58–74 dengan rata-rata 63, menunjukkan pemahaman sedang dan variasi antar siswa yang cukup besar. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya strategi pembelajaran yang adaptif, media eksperimen yang menarik, serta pemahaman guru terhadap karakter siswa.
References
Fadillah, R. (2020). Pengaruh penggunaan media eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16827
Handayani, E., & Nurhalimah, S. (2022). Pengantar fisika sebagai dasar pembentukan nalar ilmiah siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.31227/jpsa.v6i1.2022
Lestari, D., & Hidayat, A. (2021). Dampak kesulitan belajar terhadap motivasi dan prestasi akademik siswa SMP pada mata pelajaran fisika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 22–30. https://doi.org/10.5678/jep.v9i1.2021
Lestari, H., Purnami, S., & Arigiyati, T. A. (2021). Hubungan motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPA dengan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.35724/jipp.v5i1.3139
Nurfallah, R., & Pradipta, R. (2021). Efektivitas media pembelajaran digital dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.41234
Putra, H. A., Suryani, R., & Ramadhan, F. (2023). Implementasi pembelajaran IPA fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.31227/jips.v8i2.2023
Putri, A., & Santoso, H. (2021). Pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(3), 305–312. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i3.43987
Putri, S. M., & Kurniawan, B. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep fisika di tingkat SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Sains, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.6789/jips.v7i1.2023
Rahmat, A., & Hidayah, N. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 189–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v11i2.11788
Rahmawati, D., & Yusuf, M. (2022). Tantangan pembelajaran fisika di SMP dan upaya peningkatan pemahaman konsep melalui pendekatan praktikum. Jurnal Pembelajaran IPA, 11(2), 101–110. https://doi.org/10.5432/jpia.v11i2.2022
Sari, D., Hidayati, N., & Suryani, Y. (2022). Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA fisika. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 56–62. https://doi.org/10.24815/jps.v10i1.24687
Sari, M., & Aminah, N. (2021). Identifikasi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep gaya dan gerak. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





