Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di SMPI Sinar Cendekia Tangerang Selatan

Authors

  • Muhamad Sangaji Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Angga Van Agustin Hasan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Ria Asih Mulyani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dika Anggriawan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Kiki Sukirman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1754

Keywords:

Kesulitan belajar, Fisika, Siswa SMP, Pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji kesulitan belajar Fisika pada siswa kelas VIII di SMPI Sinar Cendekia Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed methods). Data kuantitatif diperoleh dari nilai Penilaian Akhir Semester (PAS), sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara dua guru IPA dan lima siswa. Hasil menunjukkan bahwa meskipun guru sudah menggunakan media digital dan metode bervariasi, siswa masih mengalami kesulitan, terutama pada materi abstrak seperti gaya, gerak, energi, suhu, dan kalor. Guru telah memberi bimbingan dan remedial, namun kendala tetap muncul, seperti rendahnya motivasi, kemampuan berpikir logis, dan kurangnya pengalaman praktik. Nilai PAS sebagian besar berada di rentang 58–74 dengan rata-rata 63, menunjukkan pemahaman sedang dan variasi antar siswa yang cukup besar. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya strategi pembelajaran yang adaptif, media eksperimen yang menarik, serta pemahaman guru terhadap karakter siswa.

References

Fadillah, R. (2020). Pengaruh penggunaan media eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16827

Handayani, E., & Nurhalimah, S. (2022). Pengantar fisika sebagai dasar pembentukan nalar ilmiah siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.31227/jpsa.v6i1.2022

Lestari, D., & Hidayat, A. (2021). Dampak kesulitan belajar terhadap motivasi dan prestasi akademik siswa SMP pada mata pelajaran fisika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 22–30. https://doi.org/10.5678/jep.v9i1.2021

Lestari, H., Purnami, S., & Arigiyati, T. A. (2021). Hubungan motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPA dengan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.35724/jipp.v5i1.3139

Nurfallah, R., & Pradipta, R. (2021). Efektivitas media pembelajaran digital dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.41234

Putra, H. A., Suryani, R., & Ramadhan, F. (2023). Implementasi pembelajaran IPA fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.31227/jips.v8i2.2023

Putri, A., & Santoso, H. (2021). Pengembangan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(3), 305–312. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i3.43987

Putri, S. M., & Kurniawan, B. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep fisika di tingkat SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Sains, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.6789/jips.v7i1.2023

Rahmat, A., & Hidayah, N. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 189–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v11i2.11788

Rahmawati, D., & Yusuf, M. (2022). Tantangan pembelajaran fisika di SMP dan upaya peningkatan pemahaman konsep melalui pendekatan praktikum. Jurnal Pembelajaran IPA, 11(2), 101–110. https://doi.org/10.5432/jpia.v11i2.2022

Sari, D., Hidayati, N., & Suryani, Y. (2022). Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA fisika. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 56–62. https://doi.org/10.24815/jps.v10i1.24687

Sari, M., & Aminah, N. (2021). Identifikasi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep gaya dan gerak. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 15–21. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2219

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Sangaji, M., Hasan, A. V. A., Mulyani, R. A., Anggriawan, D., & Sukirman, K. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di SMPI Sinar Cendekia Tangerang Selatan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 717–726. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1754