Peningkatan keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Melalui Media Film
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1645Keywords:
Bahasa inggris, keterampilan berbicara, mahasiswa, filmAbstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek krusial dalam penguasaan bahasa asing, namun sering kali menjadi kendala bagi mahasiswa, terutama dalam aspek pelafalan, kelancaran, dan penguasaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui pemanfaatan media film sebagai sarana pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Program Studi Diploma Tiga Farmasi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, rekaman video, dan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa, dengan nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 68 dan meningkat menjadi 80 pada siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan kepercayaan diri, pelafalan, serta kelancaran berbicara mahasiswa secara signifikan. Dengan demikian, media film dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan menarik dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di tingkat perguruan tinggi.
References
Alghamdi, K. (2024). Prescription for Proficiency: Enhancing EFL Speaking Skills in Pharmacy Education. International Journal of Language and Literary Studies, 6(4), 586–600. https://doi.org/10.36892/ijlls.v6i4.1997
Carmen Herrero. (2019). Using Film and Media in the Language Classroom.
Hajikaleng, N. (n.d.). Enhancing English Speaking Skills through Film Integration: A Study among Vocational Students at Narathiwat Technical College. In KKU Research Journal of Humanities and Social Sciences (Graduate Studies (Vol. 12, Issue 3). https://www.ef.co.th/epi/Harmer_J_2007_The_Practice_of_English_La. (n.d.).
Kamilia, K., Prasetyaningrum, A., Arfah, H., & Usuluddin, U. (2024). The Relationship Between Students’ Self-Confidence and Their Motivation to Speak English (An Investigation at 11th Grade Students at MA Banat Thohir Yasin). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2765–2770. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2650
Mahmoodi, H., Fathalipour, M., Sheybani-Arani, M. H., & Piroozan, A. (2023). Analysis of the educational needs for English in pharmacy: The perspectives of Pharmacy School lecturers and students. Research and Development in Medical Education, 12, 17. https://doi.org/10.34172/rdme.2023.33092
Robert Vanderplank. (2016). Using Video in the Language Classroom. Cambridge University Press.
Scoot Thornbury. (2005). how to teach speaking. Pearson Education Limited.
Tayyab, J., Imran, Z., & Arif, M. (2023). Review Of Factors Affecting English Speaking Skills Among Foreign English Learners. Global Language Review, VIII(II), 487–498. https://doi.org/10.31703/glr.2023(viii-ii).40
Wulandari, E., Mandasari, Y. P., Kesehatan, P., & Malang, K. (n.d.). PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA BIDANG STUDI KEPERAWATAN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





