Peningkatan keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Melalui Media Film

Authors

  • Rohima Robby Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
  • Melva Fionalita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1645

Keywords:

Bahasa inggris, keterampilan berbicara, mahasiswa, film

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek krusial dalam penguasaan bahasa asing, namun sering kali menjadi kendala bagi mahasiswa, terutama dalam aspek pelafalan, kelancaran, dan penguasaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui pemanfaatan media film sebagai sarana pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Program Studi Diploma Tiga Farmasi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, rekaman video, dan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa, dengan nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 68 dan meningkat menjadi 80 pada siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan kepercayaan diri, pelafalan, serta kelancaran berbicara mahasiswa secara signifikan. Dengan demikian, media film dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan menarik dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di tingkat perguruan tinggi.

References

Alghamdi, K. (2024). Prescription for Proficiency: Enhancing EFL Speaking Skills in Pharmacy Education. International Journal of Language and Literary Studies, 6(4), 586–600. https://doi.org/10.36892/ijlls.v6i4.1997

Carmen Herrero. (2019). Using Film and Media in the Language Classroom.

Hajikaleng, N. (n.d.). Enhancing English Speaking Skills through Film Integration: A Study among Vocational Students at Narathiwat Technical College. In KKU Research Journal of Humanities and Social Sciences (Graduate Studies (Vol. 12, Issue 3). https://www.ef.co.th/epi/Harmer_J_2007_The_Practice_of_English_La. (n.d.).

Kamilia, K., Prasetyaningrum, A., Arfah, H., & Usuluddin, U. (2024). The Relationship Between Students’ Self-Confidence and Their Motivation to Speak English (An Investigation at 11th Grade Students at MA Banat Thohir Yasin). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2765–2770. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2650

Mahmoodi, H., Fathalipour, M., Sheybani-Arani, M. H., & Piroozan, A. (2023). Analysis of the educational needs for English in pharmacy: The perspectives of Pharmacy School lecturers and students. Research and Development in Medical Education, 12, 17. https://doi.org/10.34172/rdme.2023.33092

Robert Vanderplank. (2016). Using Video in the Language Classroom. Cambridge University Press.

Scoot Thornbury. (2005). how to teach speaking. Pearson Education Limited.

Tayyab, J., Imran, Z., & Arif, M. (2023). Review Of Factors Affecting English Speaking Skills Among Foreign English Learners. Global Language Review, VIII(II), 487–498. https://doi.org/10.31703/glr.2023(viii-ii).40

Wulandari, E., Mandasari, Y. P., Kesehatan, P., & Malang, K. (n.d.). PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA BIDANG STUDI KEPERAWATAN.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Robby, R., & Fionalita, M. (2025). Peningkatan keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Melalui Media Film. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 759–766. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1645