Peran Guru dalam Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Karakter 2

Authors

  • Azka Tsabitah Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Himaya Septiana Rusyda Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Wahyu Khoerotunnisa Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Riski Septiadevana Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1639

Keywords:

Sekolah inklusi, peserta didik berkebutuhan khusus, keberhasilan pembelajaran

Abstract

Sekolah inklusi merupakan bentuk perwujudan pemerataan pendidikan yang bebas diskriminasi apapun bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak normal lainnya di bangku reguler dalam sekolah inklusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru melaksanakan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara terpusat dan observasi alami. Hasil penelitian menunjukan peran guru dalam mendukung keberhasilan peserta didik berkebutuhan khusus dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal keberhasilan yang meliputi pengetahuan kognitif, dan skill, juga faktor eksternal seperti lingkungan sekolah, guru bidang studi, teman sebaya peserta didik, psikolog sekolah serta peran orang tua yang sangat mendukung dan membantu keberhasilan seorang guru dalam mencapai keberhasilan peserta didik di sekolah.

References

Barliani, U. C., Wulandari, R. P., Said, M., Brilianti, N. L. (2023). Peran Guru kelas dan Guru Pendamping Khusus dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Inklusi di TK Ibnu Sina. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 6 (2), 623-634.

Bunga, M.K., Tanggur, F. S., Bulu, V.R. (2020). Peran Guru Dalam Mengelola Kelas Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdk Sta. Maria Assumpta Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahassiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 124-131.

Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget Dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2, (3), 191-198.

Damayanti, A. P., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163–167.

Damayanti, R., & Puspasari, D. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa PLP Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Jurnal of Office Administration: Education and Practice, 2 (2), 115-131.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8 (1), 21-46.

Latifah, I. (2020). Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi dan Inklusi, Apa Bedanya?. Jurnal Pendidikan, 29 (2), 101-108.

Monika, N., Achmadi, S. S., & Ayub, D. (2022). Disiplin Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Panam Mulia kecamatan Tampan Kota Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6 (2), 114-121.

Mustika, D., Irsanti, A. Y., Setyawati, E., Yunita, F., Fitri, N., & Zulkarnain, P. (2023). Pendidikan Inklusi Mengubah masa Depan Bagi Semua Anak. Student Scientific Creativity Journal, 1 (4), 41-50.

Musyafira, I. D., & Hendriani, W. (2021). Sikap Guru Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 75-85.

Nisa, K., Mambela. S., & Badiah. L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Abadimas Adi Buana, 2 (1), 33-40.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. HUMANITAS, 13(1), 50–61.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. In Jurnal Ilmiah Edukasi, 1, (1). 20-28.

Utami, Y. H. P., & Ningsih, T. (2025). Peran Pendidika terhadap Pembentukan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 10 (1), 154-162.

Wasitohadi, W. (2014). Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30 (1), 49-61

Yunus, F., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 9 (2), 313-327.

Zalyana, Z. (2016). Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13 (1), 71-81.

Zulfikar, M., Denmar, D., Lestari, A., & Tersta, F. W. (2025). Pengelolaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Tingkat SMALB. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9 (x), 38-50.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Tsabitah, A., Rusyda, H. S., Khoerotunnisa, W., & Septiadevana, R. (2025). Peran Guru dalam Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Karakter 2. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 917–929. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1639