Pengembangan Media Pop-Up Book Pancasila Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran PKN di SD

Authors

  • Saiful Bahri Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Rina Purnama Sari Universitas Sains Cut Nyak Dhien
  • Ida Safitri Universitas Sains Cut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1435

Keywords:

Media, Pop-up Book, Pancasila, Kreativitas

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pop-Up Book Pancasila yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PKN yang dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik. Penelitian dilakukan di SDN 1 Karang Anyer dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan R&D yang digunakan terdiri dari dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evalution. Hasil peningkatan data kreativitas dianalisis regresi korelasi untuk mengetahui pengaruh media pop-up book Pancasila dengan kreativitas peserta didik dengan rumus uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pop-Up Book Pancasila nyatakan valid oleh ahli/pakar dengan tingkat validasi sebesar 87,3%. Media Pop-up Book Pancasila berpengaruh terhadap kreativitas belajar peserta didik dilihat dari korelasi positif dengan rhitung lebih besar dari rtabel (0,398>0,365). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book Pancasila layak digunakan dan Uji korelasi pengaruh menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up book Pancasila dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik.

References

Abidah Idrus, N., Luthi B, & Mustakima. (2022). Global Journal Teaching Professional Penerapan Media Pop-up book terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD. Global Journal Teaching Professional, 1, 314–329. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/gjp

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Anindita, D., & Wardani, N. S. (2025). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(1), 76–83.

Ariyani, Y. D., & Susi, S. (2021). Pengembangan Pop Up Book Berbasis Karakter Nasionalisme Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Sd. Elementary School, 8(e-), 50–60.

Azizah, S. N., Kusuma, V. A., & Ulya, L. H. (2024). PEngaruh Media Pembelajaran Matematika Terhadap Kreatifitas Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Aljabar Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Terhadap Kreatifitas Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Aljabar. Proceding Of Interatnational Conference on Educational Management, 2(2).

B. B. Wiyono. (2018). The effect of self-evaluation on the principals’ transformational leadership, teachers’ work motivation, teamwork effectiveness, and school improvement. Journal of Leadership in Education, 21(6), 705-725., 21(6), 705–725.

Dayani, A., Zamzami, & Maulida. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sman 1 Singkil Utara Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1), 291–300. http://jurnal.abulyatama.ac.id/dedikasi

De Stanza, M. S. (2023). Media Pop-Up Book Materi Siklus Hidup Hewan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPPD:Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10, 65–70. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/index

Fuad Ihsan. (2018). Dasar-Dasar Kependidikan (4R ed.). Bandung:Rineka Cipta.

Hasan, M., Milawati, Khairani, & Tahrim. (2021). Media Pembelajaran (Jakarta: In Then Media Group (ed.)). Jakarta: In The Media Group.

Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119

Kirana, D., & Ninawati, M. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(1).

Made I Tegeh, & Made I Kirna. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. FIP Undiksha, dan FMIPA Undiksha.

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar. JP2, 2(2).

Retnowati. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah. FKIP Universitas Bandar Lampung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Suharjo. (2016). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: DEPDIKNAS.

Sukmadinata, & Nana Syaodih. (2017). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Susanti, S., Bhuana, S., Totok, B., Saputro, V. D., & Bengkayang, S. B. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Bangun Datar Siswa SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 5. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Wijayanto, S. P., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2024). Media Pop Up Book Garuda Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15, 78–88.

Winarti, D., & Setiani, R. (2019). Efektivitas Media Pop Up Book pada Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 02(2), 136–142. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Yonny A. (2020). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Yogyakarta:Familia.

Yusron, M., Metalin, A., Puspita, I., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengaruh media pop up book berbasis literasi digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Bahri, S., Sari, R. P., & Safitri, I. (2025). Pengembangan Media Pop-Up Book Pancasila Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran PKN di SD. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(04), 906–916. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1435