Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Remaja Korban Bullying
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1394Keywords:
Dukungan sosial, Kecemasan berbicara di depan umum, Korban perundunganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena kecemasan berbicara di depan umum pada remaja korban perundungan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif, bermaksud mengidentifikasi hubungan antara dukungan sosial dan kecemasan berbicara di depan umum pada remaja korban perundungan. Subjek penelitian terdiri dari 100 remaja yang menjadi korban perundungan, yang berusia 15 hingga 17 tahun, yang diambil melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan model skala likert yaitu skala kecemasan berbicara di depan umum dan dukungan sosial. Data dikumpulkan menggunakan skala likert yang mencakup skala kecemasan berbicara di depan umum dan dukungan sosial. Analisis statistik memakai metode korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan nilai koedisien korelasi r = 0.524 dan p = 0.000 p < 0,05 (signifikan) artinya terdapat hubungan korelasi yang sedang antara dukungan sosial dan kecemasan berbicara di depan umum pada remaja korban perundungan.
References
A. Damanik, Grista N., and Ratna Djuwita. 2019. “Gambaran Perundungan Pada Siswa Tingkat SMA Di Indonesia.” Journal Psikogenesis 7(1):28–40. doi: 10.24854/jps.v7i1.875.
Ambar Pambudhi, Yuliastri, and Tatik Meiyuntariningsih. 2015. “Efektivitas Group Cognitive Behavior Therapy (Gcbt) Dalam Menurunkan Kecemasan Menghadapi Pelaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri Pada Korban Bullying.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 03(01):2301–8267. doi: https://doi.org/10.22219/jipt.v3i1.2124.
Anisaa, Adelya Shofa, and Neneng Tati Sumiatib. 2011. “PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP OPTIMISME MASA DEPAN ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DI JABODETABEK.” Jurnal Psikologi Prima 7(1):21–29.
Azis, Akhmad Rifqi. 2015. “Efektivitas Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 3(2):8–14. doi: 10.29210/12500.
Baihaqi, A., and D. K. Mubarokah. 2021. “Analisis Komunikasi Interpersonal Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2203:80–94.
Brown, J., & Harris, S. 2016. “Cultural Differences in Social Support: Implications for Mental Health.” Journal of Cross-Cultural Psychology 47(6), 900–913.
Cohen, S., & McKay, G. 2020. “Social Support and the Buffering Hypothesis: Stress, Health, and Coping Mechanisms.” Health Psychology Review 14(3), 220–38.
Cohen, S., & Wills, T. A. 2015. “Stress, Social Support, and the Buffering Hypothesis.” Psychological Bulletin 98(2), 310. doi: 10.1037/0033-2909.98.2.310.
Dewi, Risa Ivanka &. Fransisca Iriani R. 2024. “DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI PREDIKTOR RESILIENSI REMAJA KORBAN BULLYING.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 8(2):378–84.
Djuwita, Ratna. 2017. “Dilema Saksi Perundungan: Membela Korban Atau Mendukung Pelaku? Peranan Orientasi Nilai, Kebahagiaan Psikologis Dan Keyakinan Efikasi Dalam Perilaku Menolong Saksi Perundungan.” Universitas Indonesia.
Dwyer, Karen Kangas, and Marlina M. Davidson. 2012. “Is Public Speaking Really More Feared Than Death?” Communication Research Reports 29(2):99–107. doi: 10.1080/08824096.2012.667772.
Erlita Khrisinta Dewi. 2022. “Kecemasan Mahasiswa Dalam Praktik Public Speaking (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Angkatan 2021).” Nusantara Hasana Journal 2(4):252–60. doi: 10.59003/nhj.v2i4.833.
Fitriana, N. 2023. “Hubungan Regulasi Emosi Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Baru.” (Doctoral Dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Green, A. S., Smith, C., & Thompson, J. 2020. “The Role of Digital Social Support in Anxiety Management: Social Media as a Source of Comfort.” Journal of Psychological Science 15(1), 45-62.
Hafifah, Gusti Nur, and Riska Dwi Anggraini. 2023. “Factors Influencing Students Speaking Skills: Social Support and Speaking Anxiety.” 294–301.
Hammam, N, K, R, and N, H. Isnianto. 2021. “Analisis Performa Bluetooth Pada Sistem Device Reminder Berdasarkan Pengukuran Jarak Dan Received Signal Strength Indicator.” Journal of Internet and Software Engineering (JISE) 2(1):1–2.
Hendriks, M. A., Kuyper, H., & Van der Werf, G. 2015. “Social Support and Public Speaking Anxiety in Students.” Communication Education 64(2), 178–94.
Hopf, Tim, and Joe Ayres. 2012. “Coping With Public Speaking Anxiety: An Examination of Various Combinations of Systematic Desensitization, Skills Training, and Visualization.” Journal of Applied Communication Research 20(2):183–98. doi: 10.1080/00909889209365328.
Huang, X., Wang, Y., & Liu, Z. 2021. “Access to Social Support and Its Impact on Public Speaking Anxiety among College Students.” Journal of Educational Research 23(4), 305–20.
Khairunnisa, Nadia, and Taufik Taufik. 2023. “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Siswa Korban Bullying.” Current Issues in Counseling 3(1):112–20.
KPAI. 2023. “Data Kasus Perlindungan Anak Dari Pengaduan Ke KPAI Tahun 2023.” Retrieved (https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-media-tahun-2023).
Lakey, B., & Cohen, S. 2014. “Social Support Theory and Measurement.” doi: 10.1093/med:psych/9780195126709.003.0002.
Lee, K., Lee, J., & Park, S. 2022. “The Impact of Social Support on Academic Performance and Anxiety in University Students.” Journal of Behavioral Science 8(3), 150–65.
Nurfadilah, Siti, Eko Hardi Ansyah, Zaki Nur Fahmawati, and Khakimov Erkin Tuychiyevich. 2024. “The Relationship Between Peer Social Support and Self-Regulated Learning.” 11(5):124–32. doi: 10.2991/978-2-38476-242-2_12.
Olweus, D. 2013. Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Malden, MA: Blackwell Publishing.
Pratiwi, Mita Putri, Imam Setiady, and Nurlaila Fitriani. 2021. “Hubungan Kejadian Bullying Dengan Self Esteem (Harga Diri) Dan Resiliensi Pada Remaja.” Alauddin Scientific Journal of Nursing 2(2):84–92. doi: 10.24252/asjn.v2i1.22841.
Rahmah, Khairur, and Budi Purwoko. 2024. “Dampak Bullying Verbal Terhadap Menurunnya Rasa Percaya Diri.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5(1):745–50. doi: 10.62775/edukasia.v5i1.845.
Smith, L., Lane, P., & Thompson, M. 2017. “Reducing Public Speaking Anxiety: The Role of Emotional and Instrumental Social Support.” Journal of Public Speaking Research 12(4), 56–68.
Spates, C. R., & Dempsey, R. 2013. “Social Support and Its Role in Public Speaking Anxiety.” Journal of Applied Behavioral Science 49(3), 383–95.
Sunardi, Imam. 2018. “Peran Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Pada Kecemasan Berbicara Di Muka Umum.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 3(2):178–87. doi: 10.15575/psy.v3i2.2186.
Taylor, S. E. 2015. “Social Support: A Review of the Research and Its Implications for Mental Health.” Annual Review of Psychology 66(1), 747–71.
Wardani, Devi Kusuma, Mariyati Mariyati, and Tamrin Tamrin. 2020. “Eksplorasi Pengalaman Remaja Yang Menjadi Korban Bullying Di Sekolah.” Jurnal Ners Widya Husada 6(1):15–22.
Yanti, D. 2016. “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Sosial 21(2), 150–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





