Penggunaan Tehnik Permainan Menyusun Kalimat Dengan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Kelas III SDN Tambakrigadung 2

Authors

  • Ahmad Ipmawan Kharisma Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Mochammad Miftachul Huda Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Shinta Shinta Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.138

Keywords:

Menyusun kalimat, Kartu kata, Paragraf

Abstract

Penelitian ini meningkatkan keterampilan menulis paragraf melalui teknik permainan menyusun kalimat dengan media kartu kata siswa kelas III SDN Tambakrigadung 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 37 siswa, masing-masing terdiri dari 16 laki-laki dan 22 perempuan, sedangkan lokasi dalam penelitian ini adalah SDN Tambakrigadung 2. Data penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa pada refleksi awal sebesar 65,89, siklus I sebesar 67,05 dan siklus II 80,39. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan menyusun kalimat dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf kelas III SDN Tambakrigadung 2.

References

Huda, M. . (2018). Special Service Class, An Elementary School Program for Street Children. International Journal of Educational Science and Research, 8(3), 147–156. https://doi.org/10.24247/ijesrjun201819

Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 16–23.

Kharisma, A. I. (2021). Teacher’S Explaining Skills in Thematic Learning in the Third Grade of Elementary School. Journal Of Educational Experts (JEE), 4(1), 25–36. http://journal.kopertis-4.org/index.php/jee/article/view/81%0Ahttp://journal.kopertis-4.org/index.php/jee/article/download/81/92

MZ, A. S. A., Rusijono, R., & Suryanti, S. (2021). Pengembangan dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2685–2690. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1260

Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100. https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105

Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/61

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Kharisma, A. I., Huda, M. M., & Shinta, S. (2022). Penggunaan Tehnik Permainan Menyusun Kalimat Dengan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Kelas III SDN Tambakrigadung 2. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(01), 131–137. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.138