Efektivitas Program Sarapan Pagi terhadap Peningkatan Pemahaman Belajar Anak di MIU Riyadlul Qori’in Jember
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i03.1370Keywords:
sarapan sehat, perkembangan anak, konsentrasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program sarapan pagi yang diterapkan di MIU Riyadlul Qori’in Jember dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 45 siswa kelas III, IV, dan V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan validasi triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sarapan pagi di sekolah berkontribusi positif terhadap peningkatan konsentrasi, keaktifan, dan pemahaman materi pelajaran siswa. Selain itu, keterlibatan orang tua dan edukasi gizi turut mendukung keberhasilan program ini. Dengan demikian, program sarapan pagi terbukti efektif dalam menunjang proses belajar dan prestasi akademik siswa di tingkat sekolah dasar.
References
Anisa, N., & Ramadhan, Z. H. (2021). Peran kepala sekolah dan guru dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2263–2269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1196
Fatmawati, T. Y. (2019). Meningkatkan personal hygiene pada siswa SD Negeri Kecamatan Kota Baru. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(1), 12–17.
Irwandi, S., & Ufatin, N. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (Studi multi situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492–498.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Yufiarti, Y., & Edwita. (2019). Program promosi kesehatan (JUMSIH) untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang hidup bersih dan sehat. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 341–355.
Adolphus, K., Lawton, C. L., Champ, C. L., & Dye, L. (2019). The effects of breakfast on behavior and academic performance in children and adolescents. Frontiers in Human Neuroscience, 13, 171. https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00171
Burrows, T., Goldman, S., Olson, R. K., Byrne, B., & Coventry, W. L. (2021). Associations between selected dietary behaviours and academic achievement: A study of Australian school-aged children. Public Health Nutrition, 24(2), 270–277. https://doi.org/10.1017/S1368980019004447
Hoyland, A., McWilliams, K. A., Duff, R. J., & Dye, L. (2022). Breakfast consumption in UK schoolchildren and its associations with nutrient intakes, body mass index and socioeconomic status: A cross-sectional study. British Journal of Nutrition, 127(9), 1342–1350. https://doi.org/10.1017/S000711452100370X
Rampersaud, G. C., Kim, H., Gao, Z., & House, L. A. (2020). Breakfast consumption patterns among US adults and children: A secondary analysis of NHANES 2013–2016 data. Nutrients, 12(8), 2400. https://doi.org/10.3390/nu12082400
Velázquez-López, L., Santiago-Díaz, G., Nava-Hernández, J., Muñoz-Torres, A. V., Medina-Bravo, P., & Torres-Tamayo, M. (2020). Breakfast consumption and academic achievement in children and adolescents: A systematic review. Nutrients, 12(7), 2105. https://doi.org/10.3390/nu12072105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





