Efektivitas Program Sarapan Pagi terhadap Peningkatan Pemahaman Belajar Anak di MIU Riyadlul Qori’in Jember

Authors

  • Dwi Anggi Ainun Marsiyah Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Iftitahur Rizqi Amaliyah Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayogo Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i03.1370

Keywords:

sarapan sehat, perkembangan anak, konsentrasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program sarapan pagi yang diterapkan di MIU Riyadlul Qori’in Jember dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 45 siswa kelas III, IV, dan V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan validasi triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sarapan pagi di sekolah berkontribusi positif terhadap peningkatan konsentrasi, keaktifan, dan pemahaman materi pelajaran siswa. Selain itu, keterlibatan orang tua dan edukasi gizi turut mendukung keberhasilan program ini. Dengan demikian, program sarapan pagi terbukti efektif dalam menunjang proses belajar dan prestasi akademik siswa di tingkat sekolah dasar.

References

Anisa, N., & Ramadhan, Z. H. (2021). Peran kepala sekolah dan guru dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2263–2269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1196

Fatmawati, T. Y. (2019). Meningkatkan personal hygiene pada siswa SD Negeri Kecamatan Kota Baru. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(1), 12–17.

Irwandi, S., & Ufatin, N. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (Studi multi situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492–498.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Yufiarti, Y., & Edwita. (2019). Program promosi kesehatan (JUMSIH) untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang hidup bersih dan sehat. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 341–355.

Adolphus, K., Lawton, C. L., Champ, C. L., & Dye, L. (2019). The effects of breakfast on behavior and academic performance in children and adolescents. Frontiers in Human Neuroscience, 13, 171. https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00171

Burrows, T., Goldman, S., Olson, R. K., Byrne, B., & Coventry, W. L. (2021). Associations between selected dietary behaviours and academic achievement: A study of Australian school-aged children. Public Health Nutrition, 24(2), 270–277. https://doi.org/10.1017/S1368980019004447

Hoyland, A., McWilliams, K. A., Duff, R. J., & Dye, L. (2022). Breakfast consumption in UK schoolchildren and its associations with nutrient intakes, body mass index and socioeconomic status: A cross-sectional study. British Journal of Nutrition, 127(9), 1342–1350. https://doi.org/10.1017/S000711452100370X

Rampersaud, G. C., Kim, H., Gao, Z., & House, L. A. (2020). Breakfast consumption patterns among US adults and children: A secondary analysis of NHANES 2013–2016 data. Nutrients, 12(8), 2400. https://doi.org/10.3390/nu12082400

Velázquez-López, L., Santiago-Díaz, G., Nava-Hernández, J., Muñoz-Torres, A. V., Medina-Bravo, P., & Torres-Tamayo, M. (2020). Breakfast consumption and academic achievement in children and adolescents: A systematic review. Nutrients, 12(7), 2105. https://doi.org/10.3390/nu12072105

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Marsiyah, D. A. A., Amaliyah, I. R., & Prayogo, M. S. (2025). Efektivitas Program Sarapan Pagi terhadap Peningkatan Pemahaman Belajar Anak di MIU Riyadlul Qori’in Jember. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(03), 495–500. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i03.1370