Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembagian pada Siswa Kelas II

Authors

  • Siti Robiatul Maulidiyah Universitas Muria Kudus
  • Sri Utaminingsih Universitas Muria Kudus
  • Juniati Juniati SD 1 Bakalan Krapyak

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1341

Keywords:

Peer teaching, hasil belajar, pembagian, kelas II

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pembagian melalui penerapan metode peer teaching pada siswa kelas II SD 1 Bakalan Krapyak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, di mana dari 23 siswa hanya 30% yang mencapai nilai di atas KKTP (≥75), dengan rata-rata kelas sebesar 65 pada pra-siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model spiral dari Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 73 dengan ketuntasan belajar sebesar 57%. Setelah perbaikan strategi di siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 84 dan ketuntasan belajar mencapai 78%. Selain itu, tidak ada siswa yang memperoleh nilai pada kategori D dan E. Peningkatan ini juga disertai dengan perubahan positif dalam aktivitas belajar siswa, seperti meningkatnya keaktifan, kerja sama, dan kepercayaan diri. Dengan demikian, penerapan metode peer teaching terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian. Metode ini juga menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, menyenangkan, dan kolaboratif.

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSKAP. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemdikbudristek.

Dimyati, & Mudjiono. (2020). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Kemdikbudristek. (2022). Profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Khairunnisya, F., Nurhadi, T., & Rofiah, R. (2024). Penerapan metode peer teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 45–53.

Mahfudz, A., & Yamin, S. (2023). Strategi tutor sebaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 112–120.

Ningsih, A., & Fauziah, R. (2023). Peer teaching berbasis ZPD. Jurnal Teori dan Praktik Pendidikan, 5(1), 88–96.

Rahayu, D. (2023). Keaktifan belajar melalui peer teaching. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 61–68.

Salsabila, N., Nugraheni, D., & Prasetya, B. (2024). Pembelajaran interaktif untuk anak usia dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 134–142.

Slavin, R. E. (2011). Educational psychology: Theory and practice (9th ed.). Boston: Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widayati, S. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika melalui peer teaching. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 22–29.

Yusuf, M. (2019). Pembelajaran humanis di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 110–118.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Maulidiyah, S. R. ., Utaminingsih, S., & Juniati, J. (2025). Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembagian pada Siswa Kelas II. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(02), 322–329. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1341