Analisis Keterampilan Proses Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi dengan Menggunakan Model Project Based Learning berbantu Google Earth
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i02.1318Keywords:
Model PjBL, keterampilan proses, google earthAbstract
Pengintegrasian teknologi di dalam proses pembelajaran merupakan hal penting dalam membangun pengetahuan peserta didik. Keberadaan teknologi menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengintegrasikan teknologi pembelajaran berbantu Google Earth dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dari George Lucas Education Foundation bagi peserta didik kelas X di MAN 1 Pontianak pada elemen keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualititatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan studi dokumentasi yang diperoleh dari daftar nilai guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan proses dengan menggunakan model pembelajaran PjBL berbantu google earth pada peserta didik kelas XA sebesar 85%, XB sebesar 90%, XC sebesar 75%, XD sebesar 90%, XE sebesar 75%, XF sebesar 87,5%, XG sebesar 87,5%, XH sebesar 82,5%, dan XI sebesar 82,5%. Rerata persentase keseluruhan sebesar 83,88%. Dapat disimpulkan model pembelajaran PjBL berbantu google earth efektif dalam membangun keterampilan proses peserta didik kelas X di MAN 1 Pontianak.
References
Agra, G., Soares, N., Simplício, P., Lopes, M. M., Melo, M. das gracas, & Lima da Nóbrega, M. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255.
Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43. https://doi.org/10.22146/mgi.35682
Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 4, 658–667. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3096
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan edisi ketiga. Pustaka Belajar.
Danardono, D., Priyono, P., Wulandari, K. C., & Novianto, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Pembelajaran Geografi Spasial di Tingkat Pendidikan Menengah Atas. Abdi Geomedisains, 2(2), 80–88. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v2i2.368
Foundation, T. G. L. E. (2021). Key Principles for Project-Based Learning. In Lucas Education Research (pp. 2–3). https://www.lucasedresearch.org/wp-content/uploads/2021/02/Key-Principles-for-PBL-White-Paper-1.pdf
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Geografi Fase E-Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009
Kurniasi, A. S., Zid, M., & Sya, A. (2022). Epistemologi dalam Pembelajaran Geografi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 139–144. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2737
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. UI Press.
Putri, P. H., & Sriyanto, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Google Earth Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Peserta didik Kelas X Ips Sma Negeri 52 Jakarta. Edu Geography, 10(2), 15–34. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i2.60521
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Unesa University Press.
Rombe, S. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Desain Pembelajaran Geografi di Era Digital. El-Jughrafiyah, 04(02), 174–184. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jughrafia/article/view/31434%0Ahttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jughrafia/article/download/31434/11086
Rusakova, E. P., & Young, E. (2020). The importance of using technology in education. International Conference: The Future of Education, 2(1), 2–4. https://conference.pixel-online.net/library_scheda.php?id_abs=4705
Sari, D. N., Wibowo, A. A., Anggani, N. L., & Kiat, U. E. I. (2022). Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Peserta didik dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Peserta didik SMA Inklusi. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 362–371. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1569
Sejati, A. E., Sugiarto, A., Anasi, P. T., Utaya, S., & Bachri, S. (2022). Tantangan filsafat geografi dalam perkembangan geografi terkini: Kajian ontologi, epistemologi, aksiologi, dan etika. Majalah Geografi Indonesia, 36(2), 126. https://doi.org/10.22146/mgi.74942
Taher, A. (2017). Babak Baru Metode Penelitian Geografi Manusia. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 11(1), 1–22.
Warsita, B. (2014). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XV, 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91
Yulianto, D., & Widyatmoko, W. (2023). Tingkat Keberlanjutan Penggunaan Sumber Belajar Digital Oleh Guru Geografi Pada Materi Sig. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 29(2), 119. https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.50045.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.