Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Assemblr Edu Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V

Authors

  • Annisa Ulfa Khaira Universitas Riau
  • Neni Hermita Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1241

Keywords:

Media Augmented Reality, Assemblr EDU, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektiv media berbasis augmented reality assemblr EDU pada pembelajaran IPAS terhadap berpikir kreatif siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitaif dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB di SD IT Nurussalam yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode kuantitaif dengan instrument pre-test dan post-test dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan media AR assemblr EDU dalam pembelajaran lebih tinggi berpikir kreatifnya dari pada kelas yang hanya menggunakan buku mata pelajaran dalam pembelajaran. Dengan demikian media augmented reality asssemblr EDU berpengaruh pada pembelajaran IPAS terhadap berpikir kreatif siswa kelas V SD IT Nurussalam.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Agustin, A., & Aqua Kusuma Wardhani, H. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (Ar) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp It Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Danti, D. R., Cahyono, B. E. H., & Tryanasari, D. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 864–871.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kurniawan, M. H., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR “Augmented Reality” pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(06), 1401–1414.

Maharani, D. T., Alpusari, M., & Hermita, N. (2023). Development of Interactive Multimedia Materials on Animal Classification Based on Food Category Pengembangan Materi Multimedia Interaktif Pengelompokan Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 12 Nomor 2 April 2023. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(April), 448–457.

Nisa, K., Alim, J. A., & Hermita, N. (2022). the Influence of Numbered Head Together With Interactive Multimedia Assistance of Gcd Materials on Learning Motivation of Elementary School Students. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.33578/prinsip.v5i1.141

Nugroho, I. M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019 TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau , Indonesia Submitted : PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOL. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(October), 125–138.

Rianti Pradita, A., Aeni, A. N., & Sujana, A. (2024). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Pengaruh Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SDN Tegalkalong pada Materi Fotosintesis. Sumedang Jl. Mayor Abdurahman, 13(1), 45322. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.83995

Rini, F., Mary, T., Pratama, A., Devegi, M., Untari, R. T., & Pernanda, A. Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Assemblr Edu (AR) Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Bagi Guru SMK. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–40.

Sa’adah, N., Hermita, N., & Fendrik, D. M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Primary Education, 6(2), 209–216.

Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis animasi powtoon terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas III Sdn Gudang Tigaraksa. Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. https://scholar.google.com/citations?user=-ovuGpYAAAAJ&hl=id&oi=ao

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Zulhelmi, Z., Fauza, N., Syaflita, D., Pratiwi, J., Wijaya, T. T., & Hermita, N. (2023). Development of Learning Media to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills in Circular Motion Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1734–1740. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3536

Zultrianti, M., Supriatna, N., Disman, D., Gunawan, A., & Hendayani, S. (2023). Imajinasi Kreatif Dalam Kemampuan Berpikir Anak Sekolah Dasar, Penting Kah? Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1926–1936. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7749

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Khaira, A. U., Hermita, N., & Alim, J. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Assemblr Edu Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 144–155. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1241