Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Sekolah Dasar

Authors

  • Munawir Munawir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nishfatul Lailiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1212

Keywords:

Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Akidah Akhlak

Abstract

Profil pelajar pancasila adalah gambaran profil lulusan yang mencerminkan karakter dan kompetensi yang diharapkan, sekaligus memperkuat nilai-nilai luhur pancasila bagi peserta didik. Pembelajaran akidah akhlak tidak lepas dari pembentukan karakter maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa pada pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini berbasis kajian literatur, mencakup rangkuman tertulis yang diambil dari jurnal, buku, serta dokumen lain yang menguraikan teori dan menyediakan informasi mengenai peristiwa masa lalu dan kini, yang diorganisir berdasarkan topik dan kebutuhan dokumen. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa pembentukan karakter siswa dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan, serta diperkuat melalui profil pelajar pancasila yang menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika. Enam karakter utama dalam profil pelajar pancasila menjadi landasan penting, terutama dalam kaitannya dengan mata pelajaran akidah akhlak yang mengajarkan nilai-nilai agama dan akhlak Islami. Guru berperan sentral dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui contoh, disiplin, dan kegiatan pembelajaran, sehingga menghasilkan generasi yang tangguh, berakhlak mulia, dan adaptif terhadap tantangan zaman.

References

Aas, Siti Sholichah. PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRA AKIL BALIG BERBASIS AL-QUR’AN. PT. Nasya Expanding Management, 2020.

Arifudin, Opan, et al. “Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, vol. 10, no. 2, Dec. 2020, pp. 237–42, https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.2.237-242.

Asarina, Jehan Juliani, and Bastian Adolf. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, vol. 3, no. 1, 2021, pp. 1–9, https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950.

Erwin, Kusumastuti. HAKEKAT PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP ETIKA DAN AKHLAK MENURUT IBN MYSKAWAIH. CV. Jakad Media Publishing, 2020.

Ferdiansyah. Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Widina Media Utama, 2022.

Hidayat, Syarip. “Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif Di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 16, no. 1, June 2021, pp. 141–56, https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4665.

Idhar, Idhar. “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Pada Peserta Didik.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), vol. 3, no. 1, 2022, pp. 23–29, https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.108.

Juraidah, and Hartoyo Agung. “Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 2, 2022.

Karmedi, Muhammad Ihsan, et al. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19.” Journal of Education Research, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 44–46, https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45.

Kemendikbud. Pendidikan Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila. 2020, https://m.antaranews.com/Berita/1824776/Mendikbud-Pendidikan-Karakter%0AWujudkan-Pelajar-Pancasila.

KPAI. Laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 2020. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 2020.

Ni Putu, Suwardani. “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER: Dalam Merajut Harapan Bangsa Yang Bermartabat. UNHI Press, 2020.

Nuraini, Alkhasanah, et al. PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD. no. 2, 2023, pp. 636–49, https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.

Purwanti, Endah, and Dodi Ahmad Haerudin. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 8, no. 2, 2020, p. 260, https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429.

Q.S. Al-Qalam 68:4.

Risdiany, Hani, and Dinie Anggraeni Dewi. “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila.” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 04, Apr. 2021, pp. 696–711, https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.140.

Samrin. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik.” Jurnal Shautut Tarbiyah, vol. 27, no. 1, 2021, pp. 77–98.

Sinta, Laras, et al. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, 2022, pp. 3193–202, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326.

Sukatin, and Saifillah Al-Faruq M. Shoffa. Pendidikan Karakter. Deepublish, 2021.

Sulastri, Sulastri, et al. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Sekolah Dasar.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), vol. 7, no. 3, 2022, p. 583, https://doi.org/10.29210/30032075000.

Tri Andiyanto, Dwi. “Peran Pendidik Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), vol. 1, no. 2, 2021, pp. 22–30, https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/.

Wahab, Jamal. “Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter.” Inspiratif Pendidikan, vol. 11, no. 2, 2022, pp. 351–62, https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34745.

Wiratna, Maharita Madya, et al. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Melalui PJBL Terintegrasi Degan Ajaran Tamansiswa Tri N Berbantuan Canva.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 09, no. 01, 2024, pp. 2645–55, https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11919.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Munawir, M., & Lailiyah, N. (2025). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 115–124. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1212