Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas V SD Negeri 104188 Desa Medan Krio
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1200Keywords:
Strategi, Pembelajaran, Demonstrasi, EfektivitasAbstract
Metode demonstrasi cocok untuk peserta didik Sekolah Dasar usia 7 hingga 11 tahun. Pada usia ini, peserta didik wajib menggunakan pengalaman langsung, konkret, untuk memahami dunia mereka. Seperti yang terjadi pada penelitian yang menunjukkan bahwa "kemampuan anak pada usia ini (7-11 tahun) masih pada bentuk nyata, mereka belum bisa berpikir secara abstrak. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji efektivitas metode demonstrasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 104188 pada desa Medan Krio dengan memakai metode observasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan metode kajian pustaka sebagai landasan teori.Dan hasil dari kegiatan penerapan strategi pembelajaran demonstrasi yang telah peneliti lakukan pada kelas V SDN 104188 dapat dikatakan efektif dalam memberikan pemahaman mengenai materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik.
References
Arlina, A., Aisyah, S., Lubis, S. I., & Dasopang, M. A. A. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih di Sekolah Dasar Al-Ihsan Jemadi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 2076–2087.
Ayu, putu eka sastrika. (2019). Pentingnya pemahaman bahasa tubuh bagi para guru. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3 (2), 29–36.
Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks "Merdeka Belajar". Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2 (2), 1–18. https://doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1762
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Demonstration Method to Improve Student Learning Outcomes. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5 (2), 150–158.
Farisia, H., Trisnawa, V. A., Fitri, B. A., Afifah, E., Arifin, Z., Hasanah, N., … Surabaya, A. (2024). Efektivitas Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 9, 198–211. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.
Husain, H., & Wardana, W. (2021). Implementasi Strategi Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2), 213–235. https://doi.org/10.30863/aqym.v4i2.2039
Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (1), 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105
Margiati, K. Y., & Halidjah, S. (2014). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).
Rahmadona, nisa siti, & Nana. (2021). Analisis Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. https://doi.org/10.31219/osf.io/6whcs
Rustina, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii.B Sd Negeri 65 Palembang. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19 (1), 81. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4998
Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.
Sevilia Sujarwo, I. P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Di Sanggar Lintang Art Kediri. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 05, 110–118.
Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). In PeNA.
Zakir, M. (2016). Metode Mengajar dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Tarbawi). Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 5 (2), 101–118. Retrieved from http://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1267
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.