Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas V SD Negeri 104188 Desa Medan Krio

Authors

  • Arlina Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Intan Insyani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ade Khoirina Anasta Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syaiful Bahri Sitompul Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1200

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Demonstrasi, Efektivitas

Abstract

Metode demonstrasi cocok untuk peserta didik Sekolah Dasar usia 7 hingga 11 tahun. Pada usia ini, peserta didik wajib menggunakan pengalaman langsung, konkret, untuk memahami dunia mereka. Seperti yang terjadi pada penelitian yang menunjukkan bahwa "kemampuan anak pada usia ini (7-11 tahun) masih pada bentuk nyata, mereka belum bisa berpikir secara abstrak. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji efektivitas metode demonstrasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 104188 pada desa Medan Krio dengan memakai metode observasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan metode kajian pustaka sebagai landasan teori.Dan hasil dari kegiatan penerapan strategi pembelajaran demonstrasi yang telah peneliti lakukan pada kelas V SDN 104188 dapat dikatakan efektif dalam memberikan pemahaman mengenai materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik.

References

Arlina, A., Aisyah, S., Lubis, S. I., & Dasopang, M. A. A. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih di Sekolah Dasar Al-Ihsan Jemadi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 2076–2087.

Ayu, putu eka sastrika. (2019). Pentingnya pemahaman bahasa tubuh bagi para guru. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3 (2), 29–36.

Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks "Merdeka Belajar". Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 2 (2), 1–18. https://doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1762

Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Demonstration Method to Improve Student Learning Outcomes. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5 (2), 150–158.

Farisia, H., Trisnawa, V. A., Fitri, B. A., Afifah, E., Arifin, Z., Hasanah, N., … Surabaya, A. (2024). Efektivitas Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 9, 198–211. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.

Husain, H., & Wardana, W. (2021). Implementasi Strategi Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2), 213–235. https://doi.org/10.30863/aqym.v4i2.2039

Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (1), 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105

Margiati, K. Y., & Halidjah, S. (2014). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).

Rahmadona, nisa siti, & Nana. (2021). Analisis Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. https://doi.org/10.31219/osf.io/6whcs

Rustina, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Metode Demontrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii.B Sd Negeri 65 Palembang. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19 (1), 81. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4998

Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.

Sevilia Sujarwo, I. P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Di Sanggar Lintang Art Kediri. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 05, 110–118.

Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). In PeNA.

Zakir, M. (2016). Metode Mengajar dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Tarbawi). Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 5 (2), 101–118. Retrieved from http://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1267

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Arlina, A., Harahap, I. I., Nasution, A. K. A., & Sitompul, S. B. (2025). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas V SD Negeri 104188 Desa Medan Krio. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 61–68. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1200