Pengaruh Karakter Strength Apresiasi Keindahan terhadap Relasi Positif pada Mahasiswa Perguruan Tinggi

Authors

  • Fadhilah Ahmad Qaniah Universitas Negeri Gorontalo
  • Nicki Yutapratama Universitas Negeri Gorontalo
  • Reska Putri Ismail Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1172

Keywords:

apresiasi keindahan, relasi positif, well-being, mahasiswa

Abstract

Perguruan tinggi merupakan tempat di mana seseorang mampu menghayati kepelbagaian yang begitu beragam. Mahasiswa sebagai pembelajar mandiri dengan budaya, adat istiadat, dan latar belakang berbeda tersebut berkolaborasi bersama untuk menjadi pribadi yang unggul. Selain aspek kognitif, mereka dituntut berbudi pekerti dan memiliki nilai humaniora. Hal ini akan membantu mereka memiliki relasi positif yang berdasarkan riset sebelumnya, relasi positif mampu meningkatkan keseluruhan well-being. Adapun kesatuan dalam keberagaman atau unity-in-diversity merupakan prinsip dari keindahan secara filosofi dan riset. Artikel ini bertujuan melihat pengaruh dari apresiasi keindahan terhadap relasi positif. Studi ini mengambil data 190 partisipan mahasiswa usia 18-25 tahun dengan analisis regresi. Hasil penelitian menjelaskan kontribusi yang kuat dan signifikan apresiasi keindahan terhadap relasi positif. Dengan koefisien korelasi R sebesar .802 dan R2 sebesar .643 yang cukup tinggi pada model regresi. Saran untuk penelitian selanjutnya adanya intervensi penguatan traits apresiasi keindahan untuk memelihara relasi positif mahasiswa selama mereka belajar di perguruan tinggi.

References

Busra, N.B.K., & Sumer H.Z. (2020). How to maintain a marriage: Maintenance behaviors, equity, and appreciation in understanding marita; satisfaction. Current Psychology. https://doi.org/10.1007/s12144-020-00905-y

Butler, J., & Kern, M. L. (2016). The PERMA-Profiler : A brief multidimensional measure of flourishing. International Journal of Wellbeing, 6(3), 1–48. https://doi.org/10.5502/ijw.v6i3.526

Cozby, P & Bates, C.B (2015). Methods in Behavioral Research 12th edition. Mc Graw Hill: New York

Diana, E., Milla, N.M., Mansoer, D.W.W., Takwin, B. (2021). Adaptasi dan Uji Properti Psikometrik the PERMA-Profiler pada orang Indonesia. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 81-103

Diessner, Rhett. (2019) Understanding the Beauty Appreciation Traits. Empirical Research on seeking beauty on all things. Lewisson: Palgrave Macmillan.

Dimyati., Ayriza, Y., Harahap, F., Setiawati, A.F., Fathiya, N.K., Izzaty, E.K. R., Ksumayanti, E. R., & Nurhayati, R.S. (2022). Psikologi Positif dalam Berbagai Konteks. Indonesia: Bimedia Pustaka Utama

Gordon, M.A., Cross, E., Ascigil, E., Balzarini, R., Luerssen, A., & Muise, A. (2022). Feeling Appreciated Buffers Againt the Negative Effect of Unequal Division of the Household Labor on Relationship Satisfaction. Psychological Science, 1-15

Gordon, M.A., & Diamond, E. (2023). Feeling understood and appreciated in realtionships: where do these perception come from and why they matter? Current Opinion in Psychology; 2023, 53;101687

Indriyani, Natris. (2021). Adaptasi Alat Ukur Kekuatan Karakter. Jakarta: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kern, M. L., Waters, L. E., Adler, A., & White, M. A. (2015). A multidimensional approach to measuring well-being in students: Application of the PERMA framework. The Journal of Positive Psychology, 10(3), 262–271. https://doi.org/10.1080/17439760.2014.936962

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2024). Kolaborasi KemenPPPA dan UNICEF: Sinergikan Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial di Kementerian dan Lembaga. Diakses di https://www.kemenpppa.go.id

Koci, J., & Donaldson, I.S. (2024). Well-Being and Success for University Students. Apllying PERMA+4. New York: Routledge Taylor & Franchise Group

Martínez-Martí, M. L., Avia, M. D., & Hernández-Lloreda, M. J. (2014). Appreciation of beauty training: A web-based intervention. The Journal of Positive Psychology, 9(6), 477–481. https://doi.org/10.1080/17439760.2014.920512

Seligman, Martin E &. Peterson, Christopher (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. Oxford: Oxford University Press. ISBN 0-19-516701-5

Tansey, T. N., Smedema, S., Umucu, E., Iwanaga, K., Wu, J., Cardoso, S., & Strauser, D. (2018). Assessing college life adjustment of students with disabilities : Application of the PERMA framework. Rehabilitation Counseling Bulletin, 6(3), 131–142. https://doi.org/10.1177/0034355217702136

Waldinger, R. W., & Schulz, M. S. (2023). The good life: Lessons from the world’s longest scientific study on happiness. New York: Simon & Schuster.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Qaniah, F. A., Yutapratama, N., & Ismail, R. P. (2025). Pengaruh Karakter Strength Apresiasi Keindahan terhadap Relasi Positif pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 47–53. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1172