Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Ilwan Aliansah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1130

Keywords:

Gaya Belajar, Peserta Didik, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi metode yang digunakan siswa menengah pertama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya memahami gaya belajar siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Ini terutama berlaku untuk mata pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan dan kewarganegaraan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain survei. Untuk mengumpulkan informasi, 38 siswa SMP Negeri 9 Kota Serang menerima kuesioner. Teori gaya belajar yang dikembangkan oleh Bobbi Deporter dan Mike Hernacki (2020) adalah dasar instrumen penelitian. Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dibahas dalam teori ini. Untuk menentukan gaya belajar yang dominan di kalangan siswa, penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan tes frekuensi. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan gaya belajar visual dan auditorial, sedangkan sebagian kecil siswa cenderung menggunakan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan temuan ini, untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pelajaran, pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus disesuaikan dengan gaya belajar yang dominan.

References

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Budi, S. S., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Konsep gaya belajar dan implementasinya pada proses pembelajaran. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 232–236. https://doi.org/doi.org/10.32698/01992

Deporter, B., & Hernacki, M. (2020). Quantum Learning: Membiasakna Belajar Nyaman dan Menyenangkan. New York: Dell Publishing.

Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian. Sleman: Deepublish

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.

Sanjani, M. A. (2022). PENTINGNYA STRATEGI PEMBELAJARAN YANG TEPAT BAGI SISWA. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37. https://doi.org/doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517

Smaldino. (2019). Instructional technology and media for learning Twelfth. Boston : Pearson Education.

Sudijono, Anas (2018), Pengantar Statistik Pendidikan. Depok : Rajawali Press

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tirensa, N., Haryati, T., Eni, S. T., & Sudrajat, R. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 398–402. https://doi.org/doi.org/10.31004/irje.v4i3.734

Waryani. (2021). DINAMIKA KINERJA GURU DAN GAYA BELAJAR Konsep dan Implementasi Terhadap Prestrasi Belajar. Indramayu: Penerbit Adab.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Aliansah, I., Jamaludin, U., & Bahrudin, F. A. (2025). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 8–17. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1130