Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1130Keywords:
Gaya Belajar, Peserta Didik, Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi metode yang digunakan siswa menengah pertama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya memahami gaya belajar siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Ini terutama berlaku untuk mata pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan dan kewarganegaraan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain survei. Untuk mengumpulkan informasi, 38 siswa SMP Negeri 9 Kota Serang menerima kuesioner. Teori gaya belajar yang dikembangkan oleh Bobbi Deporter dan Mike Hernacki (2020) adalah dasar instrumen penelitian. Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dibahas dalam teori ini. Untuk menentukan gaya belajar yang dominan di kalangan siswa, penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan tes frekuensi. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan gaya belajar visual dan auditorial, sedangkan sebagian kecil siswa cenderung menggunakan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan temuan ini, untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pelajaran, pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus disesuaikan dengan gaya belajar yang dominan.
References
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Budi, S. S., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Konsep gaya belajar dan implementasinya pada proses pembelajaran. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 232–236. https://doi.org/doi.org/10.32698/01992
Deporter, B., & Hernacki, M. (2020). Quantum Learning: Membiasakna Belajar Nyaman dan Menyenangkan. New York: Dell Publishing.
Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian. Sleman: Deepublish
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.
Sanjani, M. A. (2022). PENTINGNYA STRATEGI PEMBELAJARAN YANG TEPAT BAGI SISWA. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37. https://doi.org/doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517
Smaldino. (2019). Instructional technology and media for learning Twelfth. Boston : Pearson Education.
Sudijono, Anas (2018), Pengantar Statistik Pendidikan. Depok : Rajawali Press
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tirensa, N., Haryati, T., Eni, S. T., & Sudrajat, R. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 398–402. https://doi.org/doi.org/10.31004/irje.v4i3.734
Waryani. (2021). DINAMIKA KINERJA GURU DAN GAYA BELAJAR Konsep dan Implementasi Terhadap Prestrasi Belajar. Indramayu: Penerbit Adab.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.