Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1070Keywords:
Pembelajaran kolaboratif, berpikir kritis, peserta didikAbstract
Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi mahasiswa di era modern. Namun, metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru seringkali menghambat pengembangan keterampilan ini. Mahasiswa cenderung pasif dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat menjadi solusi yang efektif. Dengan bekerja dalam kelompok kecil, mahasiswa dapat berdiskusi, bertukar pikiran, dan memecahkan masalah bersama. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode ini berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih aktif, mampu mengevaluasi argumen, dan menganalisis informasi dengan lebih baik. Penerapan pembelajaran kolaboratif memberikan banyak manfaat. Selain meningkatkan pemahaman materi, metode ini juga melatih mahasiswa untuk bekerja sama, bertukar pikiran, dan berpikir secara kritis. Keterampilan-keterampilan ini sangat berguna dalam menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks. Oleh karena itu, penting bagi perguruan tinggi untuk mengintegrasikan pembelajaran kolaboratif dalam kurikulum. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal dan siap menghadapi masa depan.
References
Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Edukasi, 3(2), 29-33.
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran kolaboratif berbasis online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77-86.
Setiawati, S. (2020). STUDENTS’PERCEPTION OF USING PADLET IN LEARNING ENGLISH. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(1), 17-30.
Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Edukasi, 3(2), 29-33.
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student's well-being di masa pandemi. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61-78.
Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-8.
Apriani, R., Probowati, D., Indreswari, H., & Simon, I. M. (2020). Social intelligence, love, self-regulation pada remaja yang adiksi game online jenis agresif dan non-agresif. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 35-42.
Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Educational Science (JES), 5(1), 24–32.
Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif : Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus, 17(1), 292–304. https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2897
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri …, 1(2012), 12–21. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Maria Ekasari Wahyuningrum, P. (2021). Analisis Penerapan Collaborative Learning dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 03(04), 568–574.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-Revolution Ala Vygotsky Dalam Konteks Pembelajaran. Jurnal Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 48–58.
Yudis Setiawan, Ary Wijaya, Miftahus Surur, & Dassucik Dassucik. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Keterampilan Pemecaahan Masalah Siswa SMK Negeri 1 Kendit. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.315
Zakaria, I., Suyono, S., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1630. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15072
Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:272866813
Wati, I., Ridwan, M., & Ahmad, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 5 Pasarwajo. Pinisi Journal of Sociology Education Review. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:272617271
Ashari, D. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Khazanah Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268917058
Hasanah, S. I., Susilawati, S., & Rokhmat, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244438754
Ilema, R., Aripin, A., & Rizal, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:271321617
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.