Studi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Dalam Dunia Pendidikan

Authors

  • Dian Purnomo UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Amril Mansur UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1028

Keywords:

Ontologi, Epistomologi, Aksiologi, Pendidikan

Abstract

Dalam dunia pendidikan, aktivitas ilmu dipengaruhi oleh tiga masalah pokok. Pertama, apa yang ingin diketahui; kedua, bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut; dan ketiga, apa nilai dari pengetahuan yang diperoleh. Untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut, diperlukan pendekatan berpikir yang radikal, sistematis, dan universal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research), yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa hasil penelitian dan buku-buku sebagai sumber datanya. Kesimpulan hasil penelitian bahwa Hubungan antara filsafat dan dunia pendidikan seperti halnya hubungan dua sisi mata uang, yaitu dua aspek dari hakikat yang satu, sebab pendidikan pada hakikatnya merupakan aplikasi praktis dari filsafat. Filsafat pendidikan mengkhususkan masalah pendidikan sebagai objek kajian yang terbagi dari ketiga persoalan, yaitu ontologis, epistemologi dan aksiologis.

References

Abdul Halik. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Perspektif Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 10–23. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/500

Ansharullah. (2019). Pengantar Filsafat. In LKPU.

Dewi, R. S. (2021). Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 177–183.

Fitara Cania, L. (2023). Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 6(2), 125–134. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Hanum, R. (2022). Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Ilmu Sains. Taffaham: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(1), 87–92. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/tafahham

Jasnain, T., Mardianti, B., Sari, R., Wardarita, R., & Indah Utami, P. (2022). Kajian Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5(1), 43–56. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih

Luthfiyah, & Khobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150

Madilis, H. (2024). Justisia universitas muhammadiyah maluku utara. 12(20), 1–7.

Munip, A. (2024). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 10, 49–58.

Nur Ridha Utami, Sudjarwa, Muhammad Nurwahidin, B. R. (2022). Tinjauan Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Kepemimpinan Kepala Sekolah. JOEL Journal of Educational and Language Research, 2(4), 675–686.

Ontologi, T. F., & Dan, E. (2016). Tinjauan Filsafati (Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Manajemen Pembelajaran Berbasis Teori Sibernetik. Edukasi, 1(2).

Rahmadani, E., Armanto, D., Syafitri, E., & Umami, R. (2021). Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Karakter. Journal of Science and Social Research, 4(3), 307. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.680

Rani, T. P. (2023). Penerapan Model Project Based Leanrning Dalam Perspektif Ontologi Dan Epistemologi Filsafat Pendidikan Matematika. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.1956

Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam tinjauan filsafat: ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172–186. https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/124

Sejati, A. E., Sugiarto, A., Anasi, P. T., Utaya, S., & Bachri, S. (2022). Tantangan filsafat geografi dalam perkembangan geografi terkini: Kajian ontologi, epistemologi, aksiologi, dan etika. Majalah Geografi Indonesia, 36(2), 126. https://doi.org/10.22146/mgi.74942

Simanjuntak, Ruth Mayasari, Nurfatanah, F. H. (2024). Peranan Filsafat Pada Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan 3 ( Kajian Ontologi ,. 12(2).

Ulin Nuha, M. A., & Faedurrohman, F. (2022). Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi). Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 1(2), 203. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488

Ulum, M., ‘Azizah, A., & Utami, L. K. (2023). Ilmu dalam Perspektif Islam dan Barat: Tinjauan Ontologi dan Epistemologi. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 84–100. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.7030

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Purnomo, D., & Mansur, A. (2024). Studi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Dalam Dunia Pendidikan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(04), 398–406. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1028