Model Pembelajaran Student Teams Archivement Divisions (STAD) Berbasis Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Oki Ribut Yuda Pradana STKIP Modern Ngawi
  • Heri Cahyono MTs Darul Hikmah Ngompak

Keywords:

Model pembelajaran, Student Teams Archivement Divisions, Power point, Prestasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Student Teams Archivement Divisions (STAD) berbasis media PowerPoint dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Populasi berjumlah 162 dan sampel dua kelas dengan jumlah 64 siswa. Instrumen penelitian adalah soal pilian ganda yang sudah dilakukan uji keabsahan dan kelayakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu jalan sel sama. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan antara kedua model pembelajaran. Hal ini dilihat berdasarkan nilai F hitung < F tabel sebesar 0,08< 3,99. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima, Penelitian serupa sangat dibutuhkan untuk perkembangan pembelajaran di Indonesia.

References

Budiono. (2004). Statistika Dasar untuk Penelitian, Surakarta: UNS Press.

Dimyati dan Mudjiono. ( 2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Gumay, O. Kodarsih, E. Mulyanto, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams AchievementDivision (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SmaNegeri 2 Muara Beliti TahunPelajaran 2015/2016. JurnalPendidikan Fisika. 5: 39 -44.

Mulyasa, (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rustini, R. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI HIMPINAN . TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16-25.

Slavin, R. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Bandung: Nusa Media.

Suyadi, (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Diva Press, Yogyakarta.

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum Jakarta: Kemendikbud Press.

Esminarto, Sukawati, Suryowati, N.,Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1 Hal 1623

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Pradana, O. R. Y., & Cahyono, H. (2023). Model Pembelajaran Student Teams Archivement Divisions (STAD) Berbasis Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(01), 17–20. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/394