Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
pendekatan, pembelajaran, open ended, prestasi, matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar mampu meningkatkan prestasi belajar pada materi bangun ruang. Populasi berjumlah 50 dan sampel dua kelas dengan jumlah masing-masing 25 siswa. Instrumen penelitian adalah soal pilian ganda yang sudah dilakukan uji keabsahan dan kelayakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu jalan sel sama. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan antara kedua model pembelajaran. Hal ini dilihat berdasarkan nilai F hitung > F tabel sebesar 4.45 > 4.03. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Artinya pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar mampu meningkatkan prestasi belajar. Sehingga, pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih baik dari pembelajaran konvensional. Penelitian serupa sangat dibutuhkan untuk perkembangan pembelajaran di Indonesia.
References
Anggraeni, D., & Saputri, D. Y. (2019). Kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan linguistik, logis-matematis dan Visual-Spasial. Prosiding Makalah Seminar Nasional pendidikan Matematika, 196-209.
Budiono. (2004). Statistika Dasar untuk Penelitian, Surakarta: UNS Press.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, (2010). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slavin, R. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Bandung: Nusa Media.
Suyadi, (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Diva Press, Yogyakarta.
Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum Jakarta: Kemendikbud Press.
Widiastuti, Y., & Putri, R. I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan open ended. Jurnal pendidikan matematika, 12(2), 13-22.
Amalina, I. K., Amirudin, M., & Siswono, T. Y. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan masalah matmatika Semi-Terstruktur. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(1), 40 - 49.