Model Pembelajaran Audio-Visual untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak

Authors

  • Heri Cahyono MTs Darul Hikmah Ngompak

Keywords:

Model Pembelajaran, Audio-Visual, Menumbuhkan Minat Belajar Siswa

Abstract

Guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan, harus berperan aktif untuk menstimulus siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran menarik sesuai perkembangan IPTEK. Disamping itu juga guru bertujuan untuk merangsang siswa fokus terhadap bahan pelajaran yang disampaikandan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Dalam menyampaikan materi, guru diupayakan untuk menguasai berbagai macam strategi/model pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh saat mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX MTs Darul Hikmah Ngompak dengan jumlah responden 8 orang. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana pemanfaatan model pembelajaran Audio-Visual  siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak serta pengaruh model pembelajaran Audio-Visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru  serta metode kuesioner melalui google form yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Audio-Visual. Hasil survey peneliti menunjukkan bahwa 63% dari 8 responden yang setuju untuk dilaksanakan model pembelajaran Audio-Visual dan 12 % dari 8 responden yang sangat setuju dengan penerapan model pembelajaran Audio-Visual untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak.

References

Ali, M. N. (2020). Media Pembelajaan Audio Visual yang Digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh Muhammad Nizar Ali 1503618031 / Tugas Mata kuliah Strategi Media Pembelajaran UNJ. May, 8–11.

Anitah, W. sri. (2013). Strategi Pembelajaran Tarannum. 15–75. Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elktro, 1–10.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center. Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/09/12/Pengertian-Pendekatan-Strategi-Metode-Tekniktaktik-Dan-Model-Pembelajaran/.[20 Oktober 2008], 1.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). The Use of Audio Visual Media in Value Clarification Technique to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Triyadi, S. (2015). “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 188–199.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Cahyono, H. (2023). Model Pembelajaran Audio-Visual untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(01), 5–10. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/398