Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Aljabar Linear Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1628Keywords:
Aljabar Linear, Pemahaman Matematis, Aljabar LinearAbstract
Salah satu mata kuliah dasar di Program Studi Pendidikan Matematika adalah Aljabar Linear. Mata kuliah Aljabar Linear membutuhkan pemahaman matematis yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pemahaman matematis merupakan dasar esensial yang digunakan dalam proses berpikir untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu, dalam pembelajaran aljabar, diperlukan baik pemahaman matematis agar mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan aljabar secara tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Aljabar Linear yang telah diberikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi Aljabar Linear. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pemahaman matematis berdasarkan indikator yang telah ditentukan serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman matematis mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar Linear, khususnya pada materi determinan matriks, menunjukkan distribusi sebagai berikut 2 mahasiswa memperoleh skor kurang dari atau sama dengan 60, sebanyak 4 mahasiswa memperoleh skor antara 61 hingga 70, sebanyak 10 mahasiswa berada pada rentang skor 71 hingga 80, kemudian 2 mahasiswa memperoleh skor antara 81 hingga 90, dan 1 mahasiswa memperoleh skor di atas 90.
References
Agusriyanti, P., Nur, F. I., & Kurratul, A. (2023). Student mathematics understanding through blended learning approach, 9(1). https://doi.org/10.33654/math.v9i1.1920
Amran., & Suyud A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa PGMI pada mata kuliah konsep dasar matematika, 7(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v7i1.2831
Ayu, I. H., & Masruroh. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer, 4(1). https://doi.org/10.31932/j-primat.v4i1.1625
Dewi, M., Azwar A., & Mukhaiyar. 2023. Problematika Mahasiswa Yang Gagal dalam Perkuliahan (Studi Fenomologi Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer), 17(1), 15 – 23. https://doi.org/10.31869/mi.v17i1.4229
Haris, M, A., Yahya, H., & Wilda, S, T. (2020). Analisis Kesalahan Konsep dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear pada Studi Kasus Mahasiswa Matematika Semester IV Angkatan 2016, 5(1), 5 - 14. https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3641
Ita, H., & Widyah, N. (2024). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral tentu berdasarkan teori APOS, 6(2). https://doi.org/10.32585/absis.v6i2.5882
Mitra, P, A., Yemi, M, B., & Alexander, T, P. 2024. Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Sistem Persamaan Linear dengan Operasi Baris Elementer Kelas Aljabar Linear dan Matriks, 4(3), 301 – 309. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.810
Nasrullah., Khadijah., & Ahyani, M. L. (2024). Analisis kemajuan kemampuan dasar dalam pembelajaran aljabar linear lanjut bagi mahasiswa perguruan tinggi, 7(2). https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2512
Norma, P. S., & Arie, W. (2020). Peningkatan hasil belajar aljabar linear melalui self directed learning mahasiswa, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.913
Nur, Y., Andi, H., Feby, M., & Nindya, N, I. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin Makassar. 3(2), 275 – 28.

