Penerapan Nilai Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem

Authors

  • Rakanita Dyah Ayu Kinesti IAIN Kudus
  • Khoiru Ummatin IAIN Kudus
  • Ismi Zumaroh IAIN Kudus
  • Navira Chairin Nisa IAIN Kudus
  • Isni Nugrahen IAIN Kudus
  • Mega Ayodya Pratiwi IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.67

Keywords:

Nilai karakter, kedisiplinan, hasil belajar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mempelajari mengenai penerapan nilai karakter kedisiplinan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Al-Ma’soem Bandung. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam memperoleh data. Sehingga mampu menjelaskan proses penerapan nilai karakter kedisiplinan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa dan pendidik SD Al-Ma’soem. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai karakter kedisiplinan diperoleh dengan konsisten terhadap waktu dan hal-hal yang dapat mewujudkan potensi siswa. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan guru sebagai pembentuk karakter pada siswa dengan pembiasaan hidup disiplin sikap, perilaku, dan etika dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, adanya penulisan ini diharapkan dapat membentuk karakter kedisiplinan pada diri peserta didik sehingga mampu meningkatkan hasil belajar ke arah yang lebih baik.

References

Annis Fadillah. 2019. “No Title Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Krakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 10.

Azka Salmaa Salsabila, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari. 2021. “No Title Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5.

Gina Rosarina, Ali Sudin, Atep Sujana. 2016. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda.” Jurnal Pena Ilmiah 1:377.

Irsan dan Syamsurijal. 2020. “Implementasi Pendidikan Krakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Bau.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 5.

Kharisma, Canggih, and Suyatno Suyatno. 2019. “PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI BLEBER 1 PRAMBANAN SLEMAN.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1.

Kurniawan, Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib Di Sekolah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. Sukabumi: CV. Jejak.

Moleong, L, J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhammad Mushfi El Iq Bali dan Abwabun Naim. 2020. “Tipologi Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa.” Jurnal Edureligia 4:55.

Muhammad Ramdhan. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Mumpuni, Atikah. 2018. Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran (Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Ois Dian Tri Kusumawati, Agus Wahyudin, Subagyo. 2017. “Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan.” Jurnal Education Management 6:91.

Samrin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib.

Sudrajat, A. , Wibowo, A. 2013. “No Title Pembentukan Karakter Terpuji Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur.” Jurnal Pendidikan Karakter 2.

Yon Gani. 2018. “Penerapan Reward and Punishment Melalui Tata Tertib Sistem Point Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter.” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari 3:44.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Kinesti, R. D. A., Ummatin, K., Zumaroh, I. ., Nisa, N. C., Nugrahen, I., & Pratiwi, M. A. (2021). Penerapan Nilai Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 286–292. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.67