Kompetensi Evaluator Dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan

Authors

  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Febri Nanda Monalisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sarah Lailatil Fadla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Putri Wildyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Febby Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Rohim Husaini Wijaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.437

Keywords:

Kompetensi, Evaluator Program Pendidikan

Abstract

Evaluasi dilakukan supaya mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan suatu program berjalan dan untuk melihat perkembangan program yang terlaksana. Dalam hal evaluasi program pendidikan ini, seorang evaluator tentunya harus memiliki kompetensi yang menjadi dasar dalam pelaksanaan tugasnya. Maka dari itu tujuan dari penulisan artikel ini ialah untuk mengeksplorasi bagaimana kompetensi evaluator program pedidikan dalam pelaksanaan evaluasi program pendidikan. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu dengan metode riset kualitatif, yaitu menekankan analisanya pada data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diamati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran evaluator program ialah sebagai penanggung jawab atas sebuah program, mulai saat merencanakan sampai pada hasil evaluasi program. Kompetensi evaluator program dalam melakukan evaluasi program pendidikan terdiri dari empat kompetensi, yaitu: 1) kompetensi manajemen, yaitu kompetensi dimana seorang evaluator mampu untuk mengatur dan mengelola program, agar dapat dievaluasi dengan efektif dan efisien, 2) kompetensi teknis, yaitu evaluator melakukan tahapan-tahapan evaluasi dengan baik mulai dari perencanaan sampai penyelesaian, 3) kompetensi konseptual, yaitu evaluator mampu untuk menganalisis sebuah program dan mencari alternatif pemecahan masalah sebuah program pendidikan, 4) kompetensi bidang ilmu, yaitu dimana evaluator memiliki kemampuan dan keterampilah yang memadai dalam mengevaluasi sebuah program pendidikan.

References

Alviana, D., Wandini, R. R., Siahaan, M. Y., Siregar, A. H., & Sri, E. W. (2021). Peran Guru Kelas Terhadap Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN 112268 Gunung Lonceng Labuhan Batu Utara. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 10(1), 141–153.

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Anisaturrahmi. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Non Formal pada Rumah Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 10(2), 37–58.

Fikri, M., Hastuti, N., & Wahyuningsih, S. (2019). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Nulis Buku.

Fitriana, O., & Latief, J. (2020). Evaluasi Program PKL FKIP UHAMKA (Penelitian Evaluatif berdasarkan CIPP). Jurnal Utilitas, 5(1), 7–16.

Idrus L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 143–156.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat.

Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islami. Bandung: Ciptapustaka Media.

Owen, J. M. (2020). Program Evaluation (Forms anda Approaches) (3rd ed.). London: Routledge.

Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., Syaroh, M., & Sari, D. M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2235–2241.

Putriaty, S. S. (2019). Lokakarya yang Ditindaklanjuti dengan Supervisi Akademik Diupayakan untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Bertindak sebagai Evaluator. 6(3).

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Ygyakarta: Thema Publishing.

Salim. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Nasution, I., Monalisa, F. N., Fadla, S. L., Wildyani, E. P., Aulia, P. F., & Wijaya, A. R. H. (2023). Kompetensi Evaluator Dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 193–202. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.437