Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.409Keywords:
Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Persiapan Mengajar, GuruAbstract
Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka mutu pendidikan harus sesuai dan selaras dengan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Dalam hal ini pendidikan memiliki peranan penting dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia secara optimal karena pendidikan merupakan sarana investasi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan keahlian sebagai modal pembangunan bangsa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru di SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan dan Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru di SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru di SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan. Dengan menggunakan metode kualitatif lapangan. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru Persiapan meliputi. (a) Meningkatan SDM dari guru mulai dari keaktifan efektifitas pembelajaran serta ketercapaian materi dan pemahaman siswa dalam belajar. (b) Menggerakkan guru untuk menerapkan metode kooperatif learning, dengan senantiasa menentukan metode dan strategi dalam memahami karakter peserta didik. (c) Meningkatkan pengalaman melalui pelatihan dan persiapan mengajar. (d) Menyetorkan I’dad Tadris atau RPP ke guru master dan langsung diperikas dan didampingi. (e) Memperbaiki guru, sebagai tolak ukur kesuksesan pembelajaran. (f) Menunjang kualitas pembelajaran mengoptimalkan kinerja guru dan memilih sesuai kemampuan. Faktor pendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran meliputi: (a) Adanya keinginan dari para guru untuk membuat idad tadris yang dapat memudahkan mereka dalam proses pembelajaran. (b) Diberikanya sanksi bagi mereka yang mengajar tanpa menggunakan idad tadris. (b) Munculnya kesadaran yang tinggi, dan pemahaman yang kuat dalam diri seorang guru. (c) Adanya dukungan sarana dan pra-sarana yang memadai untuk menunjang kualitas pembelajaran. Adapun Faktor penghambatnya dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran yaitu: (a) Dalam proses persiapan pembelajaran menggambarkan ketidaksiapan guru dalam mengajar. (b) Adanya guru yang masih merasa berat menerima tugas mengajar. (c) Tidak adanya komitmen seorang guru dalam menyiapkan pembelajaran. (d) Kuranya kesadaran tentang pentingnya kualitas persiapan pembelajaran.
References
Ahmad Tamzeh. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras.
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. UIN Ar-Raniry, 7.
Basri, H. (2022, Januari 18). Hasil Wawancara (Kediaman Beliau) [Komunikasi pribadi].
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Fatturrozi, F. (2022, Januari 18). Hasil Wawancara (Kediaman Beliau) [Komunikasi pribadi].
Latip, A. (t.t.). Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Mata PEelajaran IPS di SMP. 9.
Librawan, F. (2022, Januari 20). Hasil Wawancara (Kantor Akademik SMP Tahfidz) [Komunikasi pribadi].
M. Sobry Sutikno. (2009). Pengelolaan Pendidikan Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Prospect.
Ma’had Tahfidh Al-Qur’an. (2012, Juli 28). Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. https://al-amien.ac.id/lembaga-pendidikan/mahad-tahfidh-al-quran/
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Mugirah. (2002). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Mun’im, M. A. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Pemula (Pertama). Pusdilam (Pusat Studi Islam).
Nasution, S. (2000). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pengertian Kualitas Pembelajaran Menurut Para Ahli | Kumpulan Pengertian. (t.t.). Diambil 23 Januari 2022, dari https://www.kumpulanpengertian.com/2021/07/pengertian-kualitas-pembelajaran.html
Pengertian Kualitas Pembelajaran Menurut Para Ahli – DuniaPelajar.com. (t.t.). Diambil 23 Januari 2022, dari https://www.duniapelajar.com/2014/07/30/pengertian-kualitas-pembelajaran-menurut-para-ahli/
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran (Pertama). PT: Dian Rakyat.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan) (Pertama). Prenadamedia Group.
sarana pendidikan menurut nana syaodih pdf—Penelusuran Google. (t.t.). Diambil 23 Januari 2022.
Siadari, C. (t.t.). Pengertian Kualitas Pembelajaran Menurut Para Ahli. Kumpulan Pengertian. Diambil 23 Januari 2022, dari https://www.kumpulanpengertian.com/2021/07/pengertian-kualitas-pembelajaran.html
Sutikno, M. S. (2009). Pengelolaan Pendidikan Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect,.
Yasa, P. D. (2021). Kemuliaan dan Pergeseran Makna Guru. I Gustibagus Sugriwa Denpasar, 24. http://ejournal.ihdn.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.