Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkarakter Materi Asean Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.351Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Berkarakter, ASEANAbstract
Penelitian hasil observasi kelas VI SD Negeri 1 Cengkok. Ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah ketika proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas, kepraktisan, keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga berkarakter materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga berkarakteristik materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE (Tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran permainan ular tangga berkarakteristik materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Media pembelajaran permainan ular tangga ini telah divalidasi dengan validasi materi dan validasi media, hasil uji kepraktisan angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini, bahwa pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga dengan karakteristik materi ASEAN memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan.
References
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ayu, (2011). Pengertian Game, (online). http://retno-ayusp.blogspot.com/2011/03/pengertian-game_23.html (diakses tanggal 20 September 2011, 11.00 WIB).
Melsi, A. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X SMA Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Nasution, (2013). Berbagai Pendekata Dalam Prose Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Riduwan, R. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta
Sadiman, A., dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.