Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1760Keywords:
pendidikan pancasila, problem based learning, video interaktif, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 4 SD N Plosojenar. Rendahnya hasil belajar siswa akibat pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media interaktif. Model PBL dipilih karena dapat meningkatkan keterlibatan, pemikiran kritis, dan kemandirian siswa, sedangkan video interaktif membantu visualisasi materi secara menarik.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji paired sample t-test diperoleh hasil dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu sebesar ,000< 0,05 maka dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Hasil dari uji N-Gain diperoleh nilai sebesar sebesar 0,582 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas memperoleh hasil sig> 0,05 dengan data pretest 0,960 < 0,05 dan data posttest 0,967 > 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil ananlisis pada setiap uji dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL) berbantuan video interaktif.
References
Adil, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik (Issue January).
Aditiya, ilham maulana, & Dewi, D. anggraeni. (2022). Pendidikan Pancasila: Sebuah Upaya Membangun Karakter bangsa Indonesia Yang Kuat Dengan Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1647–1659.
Aqna, Z. K., Pratiwi, I. A., & Rondli, W. S. (2024). Hubungan minat belajar menggunakan media powerpoint interaktif dengan hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SDN gugus R.A Kartini Kabupaten Pati. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(4), 323–338.
Bariyah, E. M., Hidayatullah, I., & Jaenudin, E. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 284–294. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.163
F Fadhilah, I Pratiwi, M Rustanto, J. K. (2025). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TPS Berbantuan Lapbook siswa kelas IV. 11.
Khairani, I. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan pancasila sebagai pembentuk karakter disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2020), 7497–7500. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2187%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2187/1914
Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Kholifah, U., Fakhriyah, F., & Siti, M. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Qr Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipas Kelas Iv Di Sd Negeri Purworejo 01 Umi Nur Kholifah Universitas Muria Kudus , Indonesia Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus , Indonesia Siti Ma. 9(3), 1373–1387. https://doi.org/10.35931/am.v9i3.4750
Masfuah, S., & Pertiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues. Edukasi Journal, 10(2), 179–190. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2413
Mochammad Noor Afllah, Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2022). Peran Pendidik dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik kelas V SDN Daren 1. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3544–3548. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.904
Nailul Husna, Kartinah, & Munfarichah, S. (2024). Pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media interaktif terhadap penguasaan konsep siswa kelas V pada materi siklus air. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 249–256. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22506
Nashan, S., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2025). Pengaruh Model Pbl Berbantuan Media Poinraya Terhadap Pemahaman Konsep Ipas Kelas Iv. 2024, 1318–1329.
Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 161–167. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.2980
Paridah, U. N., Malabenghar, S. D. N., Fkip, P., & Pasundan, U. (n.d.). Garda Guru : Jurnal PPG Unpas , ISSN Cetak : xxxx-xxxx ISSN Online : xxxx-xxxx Volume XX Nomor XX , Bulan Tahun Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Garda Guru : . XX.
Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578
RIDWAN, R. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Volume Bangun Ruang Melalui Model Pbl Berbantuan Media Interaktif Di Kelas V Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i1.2803
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 220–230. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1502
Tari, I. S., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Geogebra. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 87. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19624
Tiara, I., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Permainan Monopoli Terhadap Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v6i1.513
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Widiya, A. W., Oktaviana, V., & Utari, A. D. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 293–299. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.64
Widodo, H., Cahyadi, N. T., Cahyadi, N. T., Sari, D. P., & Sari, D. P. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint pada Siswa Kelas VI C SD Negeri 064025 Medan. Al-Irsyad, 11(1), 155. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9505
Zahroh, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Di SMK Negeri …. 09(36), 125–138. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/118328/%0Ahttps://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/118328/Nzc1MjQ1/Peningkatan-Kemandirian-Belajar-Melalui-Model-Problem-Based-Learning-PBL-Berbantuan-Media-Video-Interaktif-Pada-Mata-Pelajaran-Spreadsheet-Di-SMK
Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media interaktif Nearpod guna meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379-385.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





