Analisis Penerapan Hidden Curriculum dalam Mewujudkan Kebhinekaan Global di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1210Keywords:
Hidden Curriculum, Kebhinekaan Global, KeberagamanAbstract
Hidden curriculum dapat menjadi fondasi penting dalam mendidik generasi yang siap menghadapi tantangan global dengan pemahaman yang mendalam tentang keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas perspektif tentang hidden curriculum sebagai instrumen penting dalam mendidik siswa dengan nilai-nilai kebhinekaan global, tidak hanya melalui keterlibatan guru tetapi juga melalui lingkungan sekolah secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Karanggondang, Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, guru agama dan siswa kelas VI yang berjumlah 15 siswa. Perayaan hari besar agama Islam dan Kristen serta pembiasaan membaca Asmaul Husna dan menyanyikan lagu rohani menjadi langkah efektif dalam menanamkan nilai toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan. Hubungan yang kuat antara siswa dan guru serta dukungan orang tua merupakan faktor pendukung utama, sementara keterbatasan kegiatan ekstrakurikuler menjadi hambatan dalam pelaksanaan hidden curriculum.
References
Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178–186. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479
Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Energi Panas di Kelas Iv. Skripsi, 6(1,2), 149–200.
Ahfaz, M. J. R. (2023). Pelaksanaan Hidden Curriculum dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. MANHAJ: Jurnal IImu Pengetahuan, Sosial Budaya Dan Kemasyarakatan, 2, 13–21.
Akmalia, Q. F., Taufiq, H. N., & Muthohirin, N. (2023). Pembentukan Sikap Toleransi Beragama Melalui Program Rabu Ibadah Di Smp Taman Harapan Malang. Kuttab, 7(2), 167. https://doi.org/10.30736/ktb.v7i2.1633
Aslan. (2019). Hidden Curriculum. CV.Pena Indis:Makasar.
Caswita. (2019). Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI:Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3),2019, 300-314, 17(3), 300–314.
Diana ridma. (2023). Tindak Perundungan: Bullying di Sekolah Dasar dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah dan Mengatasinya. ILMA (Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keagamaan), 2(1), 31–41.
Fauzi, M. (2019). Kolaborasi Hidden Curriculum dalam Penguatan Pendidikan Karakater Lingkungan Sekolah. Al-Ibrah, 4(2), 46–66. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/download/99/80/
Hermawan, A. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Hidden Curriculum di Sd Negeri 2 Lebakwangi.
Indriati, D., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2022). Modul Nusantara : Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 142–147.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Khoeratunisa, S., Yektyastuti, R., & Helmanto, F. (2023). Eksplorasi Kebhinekaan Global dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 478–493.
Kurniasih, I., Abidin, J., & Hamidah, H. (2022). Menanamkan Sikap Toleransi Pada Anak Usia Dini Melalui Pola Pembiasaan (Studi Kasus pada TK Meraih Bintang Pangandaran Jawa Barat). Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i1.26
Lubis, K., Hasibuan, D., & Gunawan, M. T. (2017). Implementasi Kurikulum Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.618
Maemunah Yayah, Darmayanti Astutii, F. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Rasa Toleransi Beragama di Sekolah Dasar Negeri 1 Cikampek. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 10(2), 199–207.
Mahmudah, A. H., Fajriyah, K., Listyarini, I., & Wahyuni, T. (2023). Toleransi Keragaman Keyakinan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1481–1486. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5067
Monica, R., Rondli, W. S., & Pratiwi, I. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sd Negeri Tanjunganyar 2. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September).
Muh Muhaimin, Hamidaturrohmah, Nur Afif Wahyudin, & Natasya Arieni Fasya. (2023). Pengembangan EModul Pendidikan Multikultural Berbasis Pendekatan Aditif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1446–1453. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6372
Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
Mustainah, H. (2023). Strategi Guru Dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran Pkn di Kelas 4 Sd Islam. Murhum:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 399–410. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.884
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum Untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579.
Salisiya, I., Sava, N. A., Auliyah, R., Trihantoyo, S., & Cindy, A. H. (2023). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Sebagai Hidden Curicullum Di Sdn Singonegaran 1 Kediri. Sindoro Cendekia Pendidikan, 1(2), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Sari, R. K., Nichla, S., Attalina, C., Zumrotun, E., Ftik, P., Islam, U., & Ulama, N. (2024). Pembiasaan Pagi Di Sd Al-Islam: Membangun Generasi Berkarakter. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 4236.
Syahri, A. A., & Ahyana, N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohl. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.16
Umagap, S., Salamor, L., & Gaite, T. (2022). Hidden Curriculum ( Kurikulum Tersembunyi ) sebagai Wujud Pendidikan Karakter ( Studi pada SMK Al-Wathan Ambon ). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5329–5334.
Widiyono, Aan, Muhaimin, M. (2021). Pendidikan Islam Multikultural. In Wawasan Ilmu. Banyumas. https://doi.org/10.29300/nuansa.v10i1.629
Wijayanti, D. N., & Muthali, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio:Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518
Zulfa, I., Fairuzy, L. H., Chandra, R. I., & Fatiya, S. (2023). Implikasi Sikap Toleransi Dalam Rangka Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 3–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.