Analisis Profiling Dan Gaya Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Bojongsari

Authors

  • Laeli Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sony Irianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.912

Keywords:

Analisis, Profiling peserta didik, Gaya belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari masih rendahnya memahami profiling dan gaya belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil peserta didik kelas V dan gaya belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari, Kecamatan Kembaran, sebanyak 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi profiling dan angket gaya belajar. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini setiap indikator profiling peserta didik mendapatkan hasil yang menunjukkan perkembangan positif, peserta didik sudah baik mengenal profilingnya dan indikator gaya belajar peserta didik mendapatkan kecenderungan gaya belajar peserta didik kelas V adalah gaya belajar visual. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peserta didik kelas V telah mengetahui profiling dengan baik, guru kelas menjalankan perannya untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan agar karakteristik peserta didik kelas V berkembang baik. Gaya belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari menunjukkan bahwa gaya belajar visual mendapatkan presentase 95% dengan jumlah 12 peserta didik, gaya belajar auditori mendapatkan presentase 76% dengan jumlah 2 peserta didik, dan gaya belajar kinestik mendapatkan presentase 68% dengan jumlah 1 peserta didik.

References

Alfatonah, I. N. A. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405.

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 1913–1922.

Ardhyantama, V., & Apriyanti, C. (2021). Perkembangan Bahasa Anak. Yogyakarta: Stiletto Indie Book.

Aswanto, F., Yusri, F., & Kurniawan, H. (2024). Analisis Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa di MTsN 4 Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 116–127. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i1.2104

Aziz, S., Ulfa, A. Y., Akbar, F., Mutiah, H., & Halijah. (2022). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestik Pada Pembelajaran Biologi Siswa SMAN 8 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Biologi, Biologi Dan Pendidikan IPA, 11(2), 90–99. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO

Chairawati, & Muzakkir. (2020). Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 25–37.

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 65–74.

Cicilia, Y., & Nursalim. (2019). Gaya dan Strategi Belajar Bahasa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 138–149.

Dardi, E., Corry, Maria, & Purba. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas XI SMK Negeri 2 Penyabungan Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(4), 13324–13334.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Eksperimental Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Kredo, 3(1), 62–72.

Dewi, S. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas 5a SD N Karanganyar Gunung 02 Semarang. Journal Of Social Science Research, 3(2), 9763–9773.

Djara, J. I., Imaniar, M., Sae, E., & Anin, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 226–233.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS.

Fardani, I., Maqfiroh, A. D., Askha, U. N. M., & Noviyanti, P. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestik Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 6 Cendono. Jurnal PGSD Musi, 6(1), 39–54.

Gustina, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS, 3(2), 286–296.

Haerani, I., Khairun, D. Y., & Conia, P. D. D. (2020). Profil Kemandirian Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar. Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 179–199.

Himami, A. S., Setyawan, A., & Miftahurrahim, R. (2023). Konsep Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mulok Keagamaan. Islamic Learning Journal, 2(3), 104–119.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 31–39.

Irawan, D., & Astuti, A. T. (2023). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Kelas Rendah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 99–110. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd

Kasmiati, S., Surdin, Amaluddin, L. O., & Lestari, V. E. (2023). Increasing Students’ Learning Outcomes Through the Script Model of Cooperative Learning in Secondary School. Jurnal Pendidikan, 15(2),1924–1931. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah

Magdalena, I., Pasyah, F. A., & Hasanah, N. (2020). Implikasi Perbedaan Individu Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 283–297.

Mia. (2022). Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(4), 351–371. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/index

Mufida, S. (2024). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Medika Akademik, 2(6), 1–9.

Mufidah, L. L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2), 245–259.

Mugito, A., Sukmaningrum, R., & Kustantinah, I. (2023). IDENTIFYING THE LEARNING STYLES OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS IN READING ANALYTICAL EXPOSITION TEXTS. JPBII, 11(2), 2615–4404. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i2.2417

Mulyati, A. (2022). Dalam Renungan : Sehimpun Esai Pendidikan Merdeka Belajar. Jawa Barat : CV Jejak.

Mustikati, W., Sari, K., Ramanda, N., Salsabila, U., & Agustia, Y. (2023). Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 125–130. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Audiotori Dalam Pandangan Filsafat. Jurnal AT-TAZAKKI, 6(2), 255–270.

Ningsih, D. H., Kuncoro, M. A., Alifah, L., Sriyanti, S., & Wahyuni, S. (2023). Profiling Peserta Didik Sebagai Dasar Perencanaan Pembelajaran Fisika Di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Jurnal Pendidikan, 2(3), 431–440.

Pamujo, P., & Arum, M. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Unit Pendidikan Kecamatan Ajibarang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 107. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.14242

Patria, T. M., & Silaen, S. M. (2020). Hubungan Self Esteem Dan Adversity Qoutient Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas V Di MAN 20 Jakarta Timur. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 24–37.

Pramudita, V. D., & Bintaro, T. Y. (2022). Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD N Karangrena 4 Kabupaten Cilacap. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 11–19. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163.

Rahmawati, E., Farika, N., Nurroniah, Z., & Nuraini, L. (2021). Identifikasi Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan, 15(2), 116–129.

Ruth, I., & Oishi, V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik Di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50–55.

Setiawan, R. A., Hidayat, M. S., & Fatimah, F. (2023). Pengertian dan Hakikat Belajar & Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–5. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Shofiah, A. N., & Fauzi. (2023). Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Fun Games Circle. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 207–218.

Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–22. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Sitorus, S. H., Pangestie, E. P. P., & Apriatama, D. (2023). Survei Pemahaman Siswa Tentang Gaya Belajar Di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–10.

Supit, D., Meiske Maythy Lasut, E., Jerry Tumbel, N., Klabat, U., Airmadidi Bawah, J., & Utara, S. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 05(03), 6994–7003.

Sutisna, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan.

Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. Jurnal El-Ghiroh, 16(1), 1–13.

Tauhid, K., & Hendiyansah, ; |. (2024). Penerapan Gaya Belajar Kinestetik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Vol. 3).

Wibowo, A. T., Nuvitalia, D., & Wakhyudin, H. (2023). Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Sendangmulyo 02. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 3878–3890.

Wibowo, N. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomatif, 3(2), 19–34.

Widia, Y., Kurniawati, K. R. A., Negara, H. R. P., & Sucipto, L. (2024). Analysis of the Teacher’s Role in Facilitating Active Student Engagement in Problem Based Learning in Mathematics Classrooms. Journal Internasional Seminar on Student Reaserch in Education, Science, and Technology, 1(2), 550–561. https://www.issrestec.id/

Widiyani, E., Fakhriyah, F., Ismayam, E. A., Firmansyah, R., Putri, S. M., & Kartika, A. S. (2024). Karakteristik Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 5(1), 51–59. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jipg/index

Wulandari, A. P. S., & Anugerahwati, M. (2021). The Power of Constructive Critism and Its Effect on Students’ Learning Motivation. Journal of English Educators Society, 6(2), 300–308. https://jees.umsida.ac.id/index.php/jees/article/view/1408

Yutika, A., Hermawan, J. S., Darsono, Rapani, & Profithasari, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Negeri 3 Tiuh Memon. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 99–112. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Azizah, L. N., & Irianto, S. (2024). Analisis Profiling Dan Gaya Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Bojongsari. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(03), 310–323. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.912