Pengaruh Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anak Tunagrahita Di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.881Keywords:
Anak tunagrahita, Kedisiplinan, Token ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak token ekonomi dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan anak tunagrahita kelas X di SLB E Bhina Putera Surakarta, Tahun Ajaran 2023/2024. Perilaku kedisiplinan yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah perilaku kedisiplinan di lingkungan sekolah, yang meliputi aspek disiplin dalam hal waktu, dan disiplin dalam hal perbuatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian adalah 1 orang anak kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi terstruktur. Teknik validitas data menggunakan validitas isi, dimana instrumen yang disusun berdasarkan teori kemudian dikonsultasikan kepada para ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik statistik deskriptif, di mana data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel untuk memberi gambaran mengenai perubahan data pada setiap sesi. Hasil penelitian membuktikan bahwa token ekonomi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kedisiplinan anak tunagrahita kelas X di SLB E Bhina Putera Surakarta yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai perilaku kedisiplinan pada baseline-1 sebesar 24,07% (rendah), meningkat menjadi 53,33% (sedang) saat fase intervensi, lalu meningkat lagi saat fase baseline-2 yaitu sebesar 62,03% (sedang).
References
DAFTAR PUSTAKA
American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition, Text Revision. Washington, DC: American Psychiatric Publishing.
Arvian, K. D., & Qoriah, A., (2020). Survei Minat dan Motivasi Siswa Tunagrahita dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SDLB Negeri Kota Tegal. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 323 – 329.
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aziz, N. A. A., & Yasin, M. H. M. (2018). Token economy to improve concentration among students with learning disabilities in primary school. Journal of ICSAR, 2 (1), 32-36.
Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Yogyakarta: Psikosain.
Giuseppe, P. (2018). Statips Part Iv: Selection, Interpretation And Reporting Of The Intraclass Correlation Coefficient. South Eur J Orthod Dentofac Res (Sejodr), 1(5), 3–5.
H.A.S. Moenir. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cet. 10. Jakarta: Bumi Aksara. hal. 95.
Martin, G., & Pear, J. 2015. Modifikasi perilaku makna dan penerapannya. (Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.